Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Amerika Janjikan Us$17 Juta untuk Restorasi Gambut Jambi

Pemerintah Amerika Serikat menjanjikan bantuan dana US$17 juta untuk restorasi lahan gambut rusak di Provinsi Jambi.
Lahan gambut. /cwacwa
Lahan gambut. /cwacwa

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Amerika Serikat menjanjikan bantuan dana US$17 juta untuk restorasi lahan gambut rusak di Provinsi Jambi.

Duta Besar AS untuk Indonesia Robert O. Blake mengatakan bantuan tersebut menandai komitmen negeri adidaya tersebut dalam mendukung upaya Indonesia memulihkan lahan gambut yang rusak. Bantuan akan diberikan melalui Badan Pembangunan Internasional AS (USAID).

“Kami juga siap bekerja sama dengan Badan Restorasi Gambut Indonesia,” katanya di sela-sela Festival Iklim 2016 di Jakarta, Senin (1/2/2016).

Selain dana restorasi, Robert mengungkapkan pemerintah AS juga menyiapkan US$13 juta untuk membangun pembangkit listrik tenaga biogas berkapasitas 3 MW di Provinsi Riau. Pembangkit listrik itu akan berdiri di tiga pabrik pengolahan kepala sawit.

“Ini adalah komitmen kami untuk mendukung pengendalian perubahan iklim di Indonesia.”

BRG dibentuk berdasarkan Perpres No. 1/2016 tentang Badan Restorasi Gambut yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 6 Januari lalu. Dalam beleid itu, BRG diserahi tanggung jawab pemulihan 2 juta ha lahan gambut hingga 2020. Jumlah itu 10% dari luas kesatuan hidrologis gambut nasional.

Pada tahap awal, otoritas tersebut akan mengerjakan restorasi di empat kabupaten yang memiliki dampak terparah kerusakan gambut. Empat daerah itu adalah Kabupaten Kepulauan Meranti, Propinsi Riau; Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Musi Banyuasin di Sumatera Selatan; serta Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper