Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Libur Imlek, Sriwijaya Air Tambah 3 Rute Domestik

Maskapai milik keluarga Chandra Lie, Sriwijaya Air menambah frekuensi penerbangan untuk tiga rute domestik dalam rangka mengantisipasi lonjakan penumpang dalam Tahun Baru China atau Imlek 2567.
Maskapai penerbangan Sriwijaya Air/JIBI
Maskapai penerbangan Sriwijaya Air/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai milik keluarga Chandra Lie, Sriwijaya Air menambah frekuensi penerbangan untuk tiga rute domestik dalam rangka mengantisipasi lonjakan penumpang dalam Tahun Baru China atau Imlek 2567.

Senior Manager Corporate Communications Sriwijaya Air Agus Soedjono mengatakan tiga rute domestik tersebut antara lain Jakarta-Pontianak, Jakarta-Pangkalpinang dan Jakarta-Tanjung Pandan. 

“Setiap perayaan Imlek, ketiga rute itu paling banyak diminati oleh pelanggan. Oleh karenanya, kami berusaha untuk menyiapkan layanan extra flight ini sedini mungkin,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (28/1/2016).

Untuk rute Jakarta-Pontianak akan bertambah menjadi 8 kali dari sebelumnya 5 kali sehari. Kemudian, rute Jakarta-Pangkalpinang menjadi 10 kali dari 8 kali sehari, dan Jakarta-Tanjung Pandan menjadi 6 kali dari sebelumnya 5 kali sehari.

Agus menghitung Sriwijaya Air setidaknya menyiapkan 8.000 kursi guna memenuhi kebutuhan Imlek nanti. Meski demikian, jumlah kursi yang disiapkan tercatat menurun 32% dari periode yang sama tahun lalu sebanyak 11.760 kursi tambahan.

Extra flight ini sifatnya flexible respons, artinya jika jumlah seat yang dibutuhkan masih kurang, maka Sriwijaya Air akan kembali menambah jumlah seat dalam jumlah yang lebih banyak dari yang telah disediakan saat ini,” tuturnya.

Dengan banyaknya tambahan kursi yang disediakan dan informasi yang disampaikan jauh-jauh hari, Agus berharap para pelanggan Sriwijaya Air dapat segera melakukan pemesanan secepat mungkin.

Dengan demikian, sambungnya, pulang kampung atau liburan di saat Imlek nanti dapat berjalan lancar, sehingga para pelanggan Sriwijaya Air tidak terganggu karena tidak mendapatkan tiket sebelumnya.

Direktur Arista Indonesian Aviation Center (AIAC) Arista Atmadjati mengatakan libur Imlek merupakan salah satu kantong pendapatan maskapai, terutama bagi maskapai yang membuka penerbangan di rute seperti Pontianak, Bangka Belitung atau Pangkalpinang.

“Ini acara rutin tahunan, beberapa rute penerbangan akan mengalami lonjakan penumpang. Tetapi, saya perkirakan lonjakannya tidak akan terlalu impresif karena geliat ekonomi saat ini juga masih belum terlalu bagus,” katanya.

Meski begitu, Arista meyakini jumlah penumpang angkutan udara sepanjang tahun ini akan lebih baik ketimbang tahun lalu. Apalagi, pemerintah terus menggenjot infrastruktur udara, terutama di pelosok daerah.

Sementara itu, Indonesia National Carriers Association (INACA) memperkirakan jumlah penumpang tahun ini bakal tumbuh 15% seiring peningkatan kapasitas infrastruktur udara, terutama bandara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper