Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mencemaskan, Penyelundupan TKW ke Suriah Masih Terus Berlangsung

Meski Suriah sedang dilanda perang saudara, pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab di Indonesia terus mengirim tenaga kerja wanita ke negeri yang sedang berkonflik itu.
Ilustrasi demo TKI/Bisnis.com
Ilustrasi demo TKI/Bisnis.com

Bisnis.com, KAIRO – Meski Suriah sedang dilanda perang saudara, pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab di Indonesia terus mengirim tenaga kerja wanita ke negeri yang sedang berkonflik itu.

Pihak KBRI Damaskus menjelaskan oknum-oknum di Indonesia masih terus menyelundupkan TKW ke Suriah..

"TKW korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang ditampung di KBRI saat ini berjumlah 56 orang, dan jumlah itu terus bertambah," kata Pelaksana Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya (Pensosbud) KBRI Damaskus AM Sidqi dengan nada cemas.

Hal itu disampaikan Sidqi saat dihubungi dari Kairo, Kamis (21/1/2016) petang.

Sudah ribuan TKW dipulangkan dari Suriah, semula lewat Yordania dan belakangan ini lewat Lebanon, sejak membaranya krisis Suriah empat tahun silam.

Direncanakan 25 Januari 2016 ini akan dipulangkan lagi 25 TKW ke Indonesia, katanya.

Duta Besar RI untuk Suriah Djoko Harjanto pada Rabu (20/1) secara khusus bertemu dengan Direktur Jenderal Imigrasi Suriah di Damaskus yang baru dilantik, Mayjen Naji Al Numair, untuk memperkuat kerja sama dalam perlindungan WNI.

Terkait TKW ilegal yang akan meninggalkan Suriah, Dirjen Imigrasi berjanji untuk memberikan kemudahan bagi WNI, khususnya izin keluar dari Suriah (exit permit) sesuai peraturan yang berlaku.

Dubes Djoko juga meminta kemudahan visa bagi 25 mahasiswa Indonesia yang saat ini masih bertahan kuliah di negara bergolak tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper