Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wisatawan Muslim Meningkat, Maskapai Syariah Bermunculan

Pertumbuhan pasar pelaku perjalanan udara bernuansa syariah membuat sejumlah maskapai penerbangan berkompetisi termasuk Rayani Air yang diluncurkan Malaysia Desember tahun lalu.

Bisnis.com, JAKARTA—Pertumbuhan pasar pelaku perjalanan udara bernuansa syariah membuat sejumlah maskapai penerbangan berkompetisi termasuk Rayani Air yang diluncurkan Malaysia Desember tahun lalu.

Rayani tidak sendiri dan bukan yang pertama karena sebelumnya sudah ada tiga maskapai penerbangan yang membidik pasar syariah dari kalangan pemeluk Islam. Sebelumnya sudah ada Saudi Arabian Airlines, Royal Brunei Airlines dan Iran Air.

Rayani akan bersaing untuk merebut pasar perjalanan bernuansa Muslim senilai US$145 miliar, menurut perusahaan konsultan biro perjalanan CrescentRating Pte Ltd sebagaimana dikutip Bloomberg.com, Kamis (21/1/2016). Konsultan itu bahkan memperkirakan nilai pasar tersebut akan meningkat menjadi US$200 miliar  pada 2020.

“Pelaku perjalanan Muslim benar-benar mencari layanan dan pengalaman yang sesuai dengan syariah,” ujar Fazal Bahardeen, CEO CrescentRating. Menurutnya, tren penerbangan yang tidak menyediakan alkohol namun menyediakan makanan dan minuman halal serta fasilitas salat semakin meningkat.

Terkait masalah pakaian, dia menyebutkan bahwa penumpang penerbangan syariah tidak harus mengenakan pakaian Muslim, namun para pramugarinya wajib menegakan busana yang menurut aurat. Fazal juga menyebutkan bahwa tidak ada pembedaan tempat duduk antara wanita dan pria di Rayani Air yang memulai penerbangannya dengan mengoperasikan dua pesawat jenis Boeing 737-400 pada 20 Desember lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper