Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Harapan Jokowi kepada KEIN

Presiden Joko Widodo langsung mengajak rapat Komite Ekonomi dan Industri Nasional yang baru saja dilantik.
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 20 Januari 2016  |  13:55 WIB
Ini Harapan Jokowi kepada KEIN
Pelantikan Komite Ekonomi dan Industri Nasional di Istana Negara, Rabu (21/1/2016) - Bisnis/Akhirul Anwar

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo langsung mengajak rapat Komite Ekonomi dan Industri Nasional yang baru saja dilantik.

Rapat berlangsung kurang lebih 30 menit di Istana Merdeka sekaligus tempat Presiden berkantor. Pertemuan perdana antara KEIN dengan Presiden diantaranya mendengar arahan dan penjabaran tugas pekerjaan komite ke depan.

Seusai rapat, Presiden Jokowi mengatakan pemerintah berharap KEIN bisa membuat peta jalan di bidang ekonomi dan industri baik jangka pendek, menengah dan panjang secara detil termasuk apa yang akan dilakukan pada 50 tahun sampai 100 tahun yang akan datang di bidang ekonomi dan industri.

"Meskipun kita sudah ada peta jalan ke depan untuk ekonomi dan industri, tapi dengan di-backup oleh KEIN ini akan memberikan sebuah perencanaan yang lebih detil jangka pendek, menengah maupun jangka panjang," kata Presiden di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Komite bentukan Presiden Jokowi ini merupakan pengganti Komite Ekonomi Nasional pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono namun fokusnya lebih kepada sektor industri. Pimpinan dan anggota KEIN era pemerintahan Jokowi saat ini diisi kalangan pengusaha, ekonom, akademisi dan industrialis.

Jokowi menegaskan bahwa fokus utama tugas KEIN melakukan industrialisasi dan hilirisasi produk industri untuk menyokong pertumbuhan ekonomi. Dalam hal Industrialisasi diharapkan menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya dan upaya hilirisasi bertujuan meningkatkan nilai tambah produk ekspor.

"Targetnya memang industrialisasi, hilirisasi, ekspor barang setengah jadi atau barang jadi sehingga ada nilai tambah. Tidak lagi kita ekspor komoditas mentah, tidak lagi kita ekspor bahan baku," tutur Presiden Jokowi.

Proses rekomendasi peta jalan ekonomi dan industri yang dibuat oleh KEIN nantinya akan dibahas lebih dulu di tingkat Kementerian dan Kementerian Bidang Perekonomian. Setelah itu baru akan disampaikan langsung kepada Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komite ekonomi nasional jokowi
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top