Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Empat Ritel Asing Bidik Pekanbaru

Empat perusahaan ritel waralaba asing membidik Kota Pekanbaru sebagai daerah pengembangan bisnisnya pada tahun ini.
Ilustrasi ritel/JIBI-Alby Albahi
Ilustrasi ritel/JIBI-Alby Albahi

Bisnis.com, PEKANBARU – Empat perusahaan ritel waralaba asing membidik Kota Pekanbaru sebagai daerah pengembangan bisnisnya pada tahun ini.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkot Pekanbaru Masirba Sulaiman mengatakan pihaknya sudah didatangi perwakilan dari empat perusahaan ritel asing itu pada akhir Desember lalu.

“Sudah kemarin, mereka datang ke sini melakukan diskusi dengan kami tentang rencananya ingin membuka gerai atau toko di Pekanbaru,” katanya kepada Bisnis, Kamis (7/1/2016).

Empat ritel itu adalah Seven Eleven, Circle K, Swensens, dan K24. Keempatnya kata Masirba menyatakan minat untuk membuka gerai baru di Ibu Kota Provinsi Riau itu karena adanya peluang di sana.

Pada pertemuan itu juga kata dia dibahas tentang keunggulan Pekanbaru yang memiliki potensi pasar sektor ritel cukup baik dengan dukungan jumlah penduduk di atas satu juta jiwa.

Selain data penduduk, manajemen dari perusahaan ritel itu juga diberikan pemaparan tentang aturan daerah di Pekanbaru yang menetapkan kawasan khusus atau zonasi pembukaan gerai ritel modern.

“Tentu saja harus dipaparkan juga di Pekanbaru ini ada ketentuan zonasinya, di mana saja yang boleh dibuka gerai ritel modern dan dimana yang dilarang, tujuannya untuk memudahkan mereka juga dalam merencanakan pengembangan bisnis di sini,” katanya.

Dari pertemuan itu juga kata Masirba, manajemen ritel tersebut berminat dan tertarik menanamkan modalnya di Pekanbaru. Pihaknya mendukung rencana tersebut karena akan mendorong pertumbuhan ekonomi setempat dan dapat menyerap tenaga kerja lokal.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper