Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kontraktor Indonesia Siap Hadapi MEA

Dengan dilakukannya proses tender sebelum diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sejak 1 Januari 2016, Kontraktor Indonesia merasa lebih siap dalam menghadapi persaingan global dengan kontraktor asing yang akan masuk sejak diberlakukannya pasar bebas ASEAN.

Bisnis.com, JAKARTA -- Dengan dilakukannya proses tender sebelum diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sejak 1 Januari 2016, Kontraktor Indonesia merasa lebih siap dalam menghadapi persaingan global dengan kontraktor asing yang akan masuk sejak diberlakukannya pasar bebas ASEAN.

Sekertaris Jenderal Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi), Andi Rukman Karumpa mengatakan dengan pelelangan dini memungkinkan para kontraktor untuk melakukan pekerjaan lebih awal. Karena hampir sebagian besar anggaran 2016 sudah dilelang pada akhir tahun 2015 dan penandatanganan kontrak sudah harus dilakukan pada awal sampai pertengahan Januari 2016.

“Gapensi sudah sangat siap menghadapi MEA dan tidak menjadi kendala bagi anggota Gapensi karena semua sudah dipersiapkan sebelum MEA berlaku,” tutur Andi saat dihubungi Bisnis.com, Jakarta, Selasa (5/1/2016)

Senada dengan itu, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk juga menyatakan siap bersaing dengan kontraktor asing yang masuk melalui pasar global. Suradi memprediksi, dengan kinerja pemerintah yang dinilai bergerak dengan cepat juga mampu mempercepat penyerapan anggaran serta pertumbuhan ekonomi tahun ini.

“Prediksi tahun 2016 masih memnjanjikan. Sepertinya serapan anggaran lebih kencang dengan banyak dibangunnya proyek infrastruktur,” ungkapnya.

Namun begitu, Suradi memperingatkan untuk lebih berhati-hati dalam menghadapi MEA karena akan ada lebih banyak proyek yang perebutkan bukan hanya oleh kontraktor dalam negeri melainkan kontraktor asing. Untuk itu, perlu penyiapan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas agar mampu bersaing di pasar global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper