Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PD Pasar Makassar Kembangkan Pasar Tradisional Tanpa Peran Swasta

Belanja di pasar/Antara
Belanja di pasar/Antara

Bisnis.com, MAKASSAR - PD Pasar Makassar menargetkan pengelolaan dan pengembangan seluruh pasar tradisional di kota tersebut dilakukan secara mandiri tanpa melibatkan pihak swasta yang direalisasikan secara bertahap.

Direktur Utama PD Pasar Makassar, Rahim Bustan, mengemukakan langkah tersebut dimaksudkan untuk mengoptimalkan penerimaan seluruh pasar kelolaan terkhusus dalam mendongkrak kinerja perusahaan untuk jangka panjang.

Sejauh ini, terdapat 17 pasar tradisional yang dikelola BUMD milik Pemkot Makassar tersebut, di mana 4 diantaranya telah dikerjasamakan dengan pihak swasta.

"Dua pasar tradisional telah kita kelola secara penuh, di mana kita tidak lagi menggandeng swasta. Sedangkan untuk lainnya masih ada beberapa tahapan yang mesti dilalui untuk menghentikan kerjasama pengelolaan," katanya, Rabu (30/12/2015).

Selain itu, lanjut Bustan, pihaknya juga telah menyetop seluruh penjajakan kerjasama dengan pihak swasta yang telah mengajukan tawaran kerjasama perihal pengelolaan 14 pasar tradisional di Kota Makassar.

Menurutnya, jika seluruh pasar tradisional dikelola secara penuh oleh perusahaan maka total aset yang masuk dalam kelolaan dapat mencapai Rp300 miliar dengan estimasi penerimaan secara tahunan sebesar Rp25 miliar.

Dengan demikian, papar Bustan, PD Pasar Makassar bakal memiliki kapasitas finansial dalam mengelola secara profesional 17 pasar tradisional serta mampu menarik pinjaman dari perbankan untuk revitalisasi pasar kelolaan menuju pasar sehat.

Sementara itu, perusahaan menargetkan perolehan penerimaan retribus pasar sebesar Rp16 miliar atau meningkat sebesar 33% dari perolehan tahun ini sebesar Rp12 miliar.

Dari sisi pembenahan pelayanan, perusahaan bakal menyiapkan 2 unit truk pengangkut sampah yang khusus melayani seluruh pasar kelolaan agar memberikan kenyamana bagi pengunjung maupun pedagang.

Pembenahan kualitas SDM juga tengah dilakukan dengan berorientasi pada penciptaan personil dengan mengedepankan kejujuran, kedisiplinan, dan profesionalisme kerja.

Selain itu, pemberian reward bakal diberikan kepada unit pengelola pasar melalui skema lomba pasar sehat se-Makassar memperebutkan piala bergilir ketua Tim penggerak PKK kota Makassar.

“Perlu ada apresiasi warga pasar dalam mewujudkan pasar sehat. Makanya kita akan lombakan pasar sehat. Wajib juga bagi kami menciptakan kemanan dan kebersihan pasar. Kami maksimalkan anggota untuk segera mengontrol para pedagang, ” kata Bustan.

Di sisi lain, pemasangan CCTV pada seluruh pasar tradisional menjadi program PD Pasar untuk mengoptimalkan pengawasan operasional pada seluruh pasar tradisional kelolaan di Makassar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper