Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dongkrak Pendapatan, Pemkot Pangkalpinang Siap Jual Benih Ikan

Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 Desember 2015  |  13:20 WIB

Bisnis.com, PANGKALPINANG - Balai Benih Ikan Lokal Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, siap menjalankan Peraturan Wali Kota tentang Penjualan Benih Ikan untuk meningkatkan pendapatan daerah.

"Kemungkinan peraturan itu akan diterapkan pada Januari nanti. Dengan peraturan tersebut akan dikenakan biaya bagi petani yang menginginkan benih dari BBIL ini," kata Kepala BBIL Pangkalpinang Teguh Sutoto di Pangkalpinang, Selasa (22/12/2015).

Dia mengatakan benih-benih ikan air tawar yang tersedia di BBIL hingga kini masih dibagikan secara gratis, mudah-mudahan dalam waktu dekat Perwako selesai dan benih itu dapat dijual sehingga bisa menambah pendapatan daerah.

"Selama ini kami menyalurkan benih ikan itu secara gratis untuk membantu petani meningkatkan kesejaterannya," ujarnya.

Dia mengatakan pemerintah terus berupaya meningkatkan produktivitas ikan air tawar di daerah itu untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

Namun, pemkot juga harus mendorong kemandirian masyarakat untuk mengembangkan usaha budi daya ikan agar tidak selalu bergantung pada bantuan benih gratis.

"Meski peraturan wali kota itu mengharuskan masyarakat membeli benih ikan, pemerintah tetap memberikan subsidi melalui harga yang lebih murah dibanding harga pasar. Selain meningkatkan PAD, secara bertahap kami juga mendorong masyarakat agar lebih mandiri," ujarnya.

Dia mengatakan jika peraturan tersebut sudah berlaku prosedur mendapatkan benih ikan lebih mudah karena tidak pelu lagi mengajukan permintaan dan survei lapangan.

"Kami dapat langsung menjual benih ikan kepada pembeli tanpa penyertaan surat permintaan dan survei lapangan dan pembeli dapat membeli sebanyak yang diinginkannya" ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

benih ikan

Sumber : Antara

Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top