Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IPC Logistic Uji Coba Halal Hub Januari 2016

Indonesia Port Corporation (IPC) Logistic Services akan mengoperasikan uji coba transhipment terminal untuk komoditi halal atau halal hub pada Januari 2016 di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA- Indonesia Port Corporation (IPC) Logistic Services akan mengoperasikan uji coba transhipment terminal untuk komoditi halal atau halal hub pada Januari 2016 di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Komisaris Utama IPC Logistic Services, Toto Dirgantoro mengatakan kepastian pengoperasian halal hub di pelabuhan Priok itu menyusul telah rampungnya persiapan kebutuhan lahan dan fasilitas pendukung lainya seperti gudang untuk kegiatan tersebut.

"Lahan yang digunakan untuk halal hub di Priok itu yakni dilahan eks dwipa manunggal kontena dan eks MKT,"ujarnya kepada Bisnis, Minggu (13/12/2015).

Dia mengatakan, setelah di pelabuhan Priok uji coba halal hub juga akan dilakukan di tiga pelabuhan utama lainnya yakni pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Belawan Medan dan  Makassar.

Toto mengatakan, kegiatan di halal hub itu nantinya tidak hanya terhadap kontainer ekspor impor tetapi juga untuk kontainer antarpulau/domestik.

"Namun pada tahap awal ini kita akan fokus dulu pada komoditi ekspor sebab banyak ekspor kita yang tujuan Timur Tengah harus transhipment dulu di terminal halal  Malaysia sebelum ekspor.Jika kita bisa lakukan disini maka bisa menghemat biaya logistik," paparnya.

Dia mengatakan, sejumlah pelabuhan di Eropa dan Australia sudah memilik halal hub termasuk juga di Malaysia.Pasalnya,selama ini untuk produk konsumsi dan sejenisnya yang orientasi ekspor ke negara Timur Tengah telah mensyaratkan sertifikasi halal.

Untuk mendukung halal hub di pelabuhan utama Indonesia itu, kata dia, IPC Logistic sudah menggandeng LPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam pengecekan komoditi yang masuk halal hub yang penanganannya sesuai dengana sariah Islam.

"Kondisi truk, fasilitas gudang dan kontener yang digunakan juga mesti terjamin kehalalannya.Makanya kami dalam hal ini juga siapkan truk dan kontener sendiri untuk mendukung kegiatan itu sehingga tidak bercampur dengan aktivitas lain," paparnya.

Toto juga mengatakan, pihaknya sudah berkordinasi dengan instansi terkait termasuk dengan Ditjen Bea dan Cukai untuk melaksanakan uji coba penanganan barang ekspor yang masuk ke lokasi halal hub di Pelabuhan Tanjung Priok.
"

Kami sudah bicara dengan Dirjen Bea dan  Cukai prihal uji coba halal hub di Priok pada awal tahun depan,"ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper