Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KEPEMILIKAN RUMAH: Tapera Dikelola Badan Nirlaba

Dana Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) akan dikelola oleh sebuah badan nirlaba dan dilakukan secara transparan. Tujuan dana itu adalah mempermudah masyarakat berpengahasilan rendah (MBR) memiliki rumah
Anugerah Perkasa
Anugerah Perkasa - Bisnis.com 04 Desember 2015  |  09:50 WIB
Kementerian PUPR menyatakan masyarakat terbagi dalam tiga kategori.  - Bisnis.com
Kementerian PUPR menyatakan masyarakat terbagi dalam tiga kategori. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Dana Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) akan dikelola oleh badan nirlaba dan dilakukan secara transparan. Tujuan dana itu adalah mempermudah masyarakat berpengahasilan rendah (MBR) memiliki rumah.

Hal itu disampaikan anggota Panitia Khusus (Pansus) RUU Tapera  Saiful Rasyid ketika bertemu sejumlah pemangku kepentingan di Manado, Sulawesi Utara. Dia menuturkan RUU Tapera dimaksudkan untuk mmberikan kemudahan bagi MBR memiliki rumah dengan prinsip kegotongroyongan.

"Dana Tapera nantinya akan dikelola secara nirlaba oleh sebuah badan yang transparan," ujar Saiful dalam rilis yang dikutip Bisnis.com, Jumat (4/12/2015).

Dia menuturkan dana tersebut akan berguna untuk mengintervensi pasar perumahan baik dari segi penyediaan, harga maupun sistem pembiayaannya.

Kementerian PUPR menyatakan masyarakat terbagi dalam tiga kategori yakni 20% yang mampu memenuhi kebutuhan akan kepemilikan rumah secara mandiri; 40% yang memerlukan subsidi pemerintah; dan 40% lainnya yang tak bisa juga memiliki rumah walaupun sudah disubsidi.

"Kelompok yang belum memungkinkan untuk membeli rumah dari penghasilannya sendiri,  inilah yang menjadi target group RUU Tapera”, papar Maurin Sitorus, Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR.

Sementara khusus kelompok paling akhir, Kementerian PUPR menyatakan akan memberikan fasilitasi rumah khusus, rusunawa, bantuan perbaikan perumahan serta bantuan pembangunan rumah swadaya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tapera Badan Nirlaba
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top