Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Cara Pemerintah agar Pengembang Tertarik Bangun Rumah Murah

Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) berencana menaikkan anggaran untuk subsidi pembangunan pra sarana umum (PSU) hingga dua kali lipat pada 2016.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) berencana menaikkan anggaran untuk subsidi pembangunan pra sarana umum (PSU) hingga dua kali lipat pada 2016.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Syarif Burhanuddin mengatakan subsidi tersebut diberikan kepada pengembang agar mereka tertarik membangun rumah murah bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR.

"Tahun ini kami siapkan (subsidi) PSU untuk 40.000 unit, 2016 kami tingkatkan dua Kali lipat menjadi 80.000," ujarnya dalam diskusi yang menjadi rangkaian acara rapat kerja nasional Real Estate Indonesia (REI), Rabu (2/12/2015).

Syarif mengatakan subsidi yang disiapkan pemerintah untuk pembangunan PSU mencapai Rp6,2 juta per unit. Dengan kata lain, tahun ini alokasi anggaran untuk PSU mencapai Rp260 miliar.

Subsidi tersebut digunakan untuk pembangunan PSU seperti jalan umum perumahan dan sanitasi. Subsidi akan diberikan jika pengembang sudah membangun proyek perumahan.

Syarif menerangkan,dari hasil evaluasi, sebagian besar pengembang menggunakan subsidi hanya Rp4 juta. Di samping itu, masih tersisa subsidi PSU sebanyak 10.000 unit.

Dia berharap, subsidi PSU bisa merangsang pengembang untuk membangun rumah murah. Syarif juga berharap subsidi PSU bisa menekan harga rumah sehingga terjangkau bagi kalangan MBR.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper