Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Gianyar Gandeng IPB Kembangkan Sektor Agribisnis

Pemkab Gianyar menggandeng Institut Pertanian Bogor untuk mengembangkan potensi agrobisnis di wilayah Kabupaten Gianyar khususnya buah-buahan.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, DENPASAR - Pemkab Gianyar menggandeng Institut Pertanian Bogor untuk mengembangkan potensi agrobisnis‎ di wilayah Kabupaten Gianyar khususnya buah-buahan.

‎Kerja sama itu meliputi bidang pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, pengembangan laboratorium pendidikan, pertanian dan lingkungan hidup, penyediaan bantuan tenaga ahli.

Selain itu, penyediaan dan pengelolaan sarana dan prasarana penunjang dibidang pendidikan, pertanian dan lingkungan hidup, serta bidang lainnya yang relevan dengan upaya pengembangan pertanian dalam arti luas.

Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata  mengatakan kerja sama diharapkan dapat mendukung komitmen daerahbya sebagai daerah yang memiliki potensi dalam pengembangan agrowisata buah nusantara.

Dengan semakin majunya teknologi bidang pertanian diharapkan meningkatkan kesejahteraan petani serta pengembangan eko wisata sehingga dapat dikemas menjadi suatu obyek wisata yang menarik.

"Saya yakin dunia pertanian di Gianyar akan tambah maju dan bisa mensejahterakan petani dan hal ini akan dapat menekan alih fungsi lahan di Gianyar," tegasnya, ‎Sabtu (28/11/2015).

‎Kadis Pertanian Gianyar Dewi Hariani mengatakan pihaknya pada saat ini sangat membutuhkan bantuan teknologi dan  tenaga ahli untuk mengembangkan pertanian, terutama untuk beberapa komoditas tertentu.

Dia mencontohkan pengembangan varietas jeruk selayar yang sudah dikembangkan di daerah Kecamatan Payangan, Tegallalang, dan Tampaksiring dengan total luasan mencapai 1.790 Ha.

Namun, jeruk dengan warna oranye mengkilap dan rasanya sangat khas kualitasnya belum sempurna. Sementara, Gianyar berkeinginan menjadikan komoditas ini sebagai salah satu merek lokal.

Dewi mengharapkan ahli dari IPB dapat memberikan bantuan teknologi pada para petani di GIanyar sehingga jeruk selayar ini dapat menjadi komoditas andalan. Dengan adanya teknologi tepat guna dari para pakar di ITB, jeruk selayar Gianyar dapat meningkat kulitas baik dari rasa, maupun masa panen. 

Ditambahkan juga, bantuan kerjasama dibidang teknologi ini tidak hanya terfokus pada jeruk saja, tetapi juga terhadap komoditas lainnya.

Rektor IPB Herry Suhardiyanto berjanji membantu sepenuhnya upaya Pemkab. Gianyar dalam mengembangkan berbagai jenis buah di wilayah Gianyar.

Apalagi saat ini melalui festival Bunga dan Buah Nusantara 2015 pihaknya juga tengah mengencarkan program revolusi oranye, yakni mengembangkan buah nusantara skala orchard di kabupaten sentra produksi buah nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper