Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi: Industri Padat Karya Jalan, 60% Angkatan Kerja Terserap

Presiden Joko Widodo menegaskan arah kebijakan pemerintah untuk mendorong industri padat karya sehingga mampu menyerap 60% angkatan kerja nasional.
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 27 November 2015  |  01:18 WIB
Jokowi: Industri Padat Karya Jalan, 60% Angkatan Kerja Terserap
Buruh di pabrik pertekstilan - knittingindustry.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo menegaskan arah kebijakan pemerintah untuk mendorong industri padat karya sehingga mampu menyerap 60% angkatan kerja nasional. 

Presiden Jokowi mengatakan sekitar 60% angkatan kerja nasional hanyalah tamatan SD, SMP, dan SMA/SMK. Dengan kondisi tersebut, Indonesia membutuhkan lebih banyak investasi yang bersifat padat karya, seperti tekstil, garmen, dan alas kaki. 

"Fokusnya investasi padat karya sehingga yang diberi insentif oleh pemerintah menjadi jelas," ujarnya di JCC, Kamis (26/11/2015).

Dengan fokus tersebut, Jokowi berharap 60% angkatan kerja dapat terserap oleh industri sehingga tingkat pengangguran terbuka yang tercatat sebesar 6,18% hingga Agustus 2015 dapat menyusut.

Oleh karena itu, pemerintah harus selektif dalam menyambut investor asing yang hendak menanamkan modal di Tanah Air. Jokowi tidak ingin membuka investasi yang berisiko menguras sumber daya alam Indonesia.

"Kita ini sekarang berada di ring satu negara yang diminati oleh investasi, karena pada posisi itu kita juga harus pilih-pilih, harus selektif, mana yang kita butuhkan," tegasnya.

Presiden mencontohkan saat booming kayu pada era 90-an, Indonesia tidak membangun industri hilir yang memberikan nilai tambah.

Akibatnya, Indonesia mengalami banjir lantaran penggundulan hutan secara masif dan negara hanya menerima pendapatan US$5/kubik kayu. Kondisi tak jauh berbeda terjadi pada masa booming minyak bumi dan minerba.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Saleh Husin menargetkan pertumbuhan industri mampu mencapai 5,7% pada 2016. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angkatan kerja industri padat karya
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top