Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APEC 2015: JK Sebut Porsi Tenaga Kerja Lokal Freeport Capai 98%

Kapasitas sumber daya manusia Indonesia diklaim mengalami perkembangan signifikan, terbukti dengan meningkatnya porsi pekerja lokal di perusahaan asing yang beroperasi di nusantara.
Bisnis.com, MANILA--Kapasitas sumber daya manusia Indonesia diklaim mengalami perkembangan signifikan, terbukti dengan meningkatnya porsi pekerja lokal di perusahaan asing yang beroperasi di nusantara.
 
Hal itu disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla ketika menjawab pertanyaan pelaku bisnis terkait strategi perbaikan kualitas tenaga kerja Indonesia dalam agenda APEC CEO Summit 2015 bertajuk 'Summit Dialogue on Growth' di Manila, Rabu(18/11/2015).
 
Dalam forum dialog dengan para pelaku bisnis dari negara anggota Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik, Kalla memamerkan pemerintah telah berhasil memperluas lapangan kerja dan memanfaatkan perusahaan asing untuk memberi kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar.
 
"Contohnya proyek besar PT Freeport Indonesia, 98% dari seluruh pekerja dari Indonesia, hanya 2% pekerja asing dari luar negeri,"paparnya.
 
Pemerintah berkomitmen meningkatkan upaya perbaikan sumber daya manusia melalui optimalisasi pendidikan dan pelatihan kapabilitas generasi muda.
 
Selama ini, dia memaparkan kepada para pelaku bisnis, bahwa Indonesia telah mengalokasikan 20% anggaran negara untuk kebuuhan edukasi masyarakat.
 
"Pendidikan jadi salah satu program besar dari negara kami. Itu untuk mendorong kemampuan sumber daya manusia,"ujarnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lavinda
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper