Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LAPORAN BISNIS DARI APEC 2015: Pusat Informasi Perdagangan Resmi Diluncurkan

Asia-Pacific Economy Cooperation (APEC) secara resmi meluncurkan APEC Trade Repository (APECTR) yang bertujuan untuk menjadi pusat referensi kawasan dan diharapkan memperlancar arus barang dalam perdagangan antar-anggota
Aktivis menampilkan spanduk anti-APEC  menjelang pertemuan puncak Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC)  di Manila./REUTERS
Aktivis menampilkan spanduk anti-APEC menjelang pertemuan puncak Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Manila./REUTERS

Bisnis.com, MANILA -- Asia-Pacific Economy Cooperation (APEC) secara resmi meluncurkan APEC Trade Repository (APECTR) yang bertujuan untuk menjadi pusat referensi kawasan dan diharapkan memperlancar arus barang dalam perdagangan antar-anggota.

Berdasarkan keterangan resmi Komite APEC, Minggu (15/11/2015), APECTR berisi sedikitnya 8 hal. Pertama, daftar tarif impor di antara anggota WTO yang tidak menyelenggarakan kawasan perdagangan bebas atau Most-Favoured-Nation (MFN). Kedua, preferential tariff rates.

Ketiga, daerah atau negara asal barang alias Rules Of Origin (ROO). Keempat, informasi mengenai inisiatif untuk mempromosikan fasilitasi perdagangan di antara ekonomi anggota. Kelima, kesepakatan perdagangan lain yang berhubungan dengan hambatan perdagangan teknis.

Keenam, segala peraturan atau undang-undang mengenai bea cukai dan perdagangan. Ketujuh, persyaratan dokumen dan prosedur yang dibutuhkan oleh pelaku usaha dalam aktivitas ekspor dan impor.

Terakhir, informasi mengenai Authorize Economic Operations (AEO), termasuk Mutual Recognition Agreements (MRA) dan daftar AEO yang memenuhi persyaratan Organisasi Kepabeanan Dunia (World Custom Organization/WCO).

APECTR bisa diakses di alamat tr.apec.org.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper