Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masalah Lahan di Proyek Bandara Kertajati Kian Kusut

Rencana pembangunan sisi darat dan landasan pacu 3500 meter Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka masih kusut.
 Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, MAJALENGKA - Rencana pembangunan sisi darat dan landasan pacu 3500 meter Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka masih kusut.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana menuntaskan seluruh hambatan dalam proses pembebasan lahan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten Majalengka sudah sepakat bekerjasama dan menyamakan langkah untuk segera menuntaskan pembebasan dan persoalan sosial di wilayah terdampak bandara. 

"Kita sudah identifikasi permasalahan yang disampaikan Bupati," katanya seusai menggelar pertemuan khusus dengan Bupati Majalengka di Gedung Negara, Rabu (4/11/2015).

Iwa mengaku ada sejumlah persoalan di lapangan yang harus diambil tindakan cepat agar tidak menjadi masalah sosial yang berlarut-larut. Salah satunya pengalokasian anggaran untuk pembebasan lahan. "Dari APBD 2015 kita sudah alokasikan Rp 133 miliar untuk membebaskan lahan 70,46 hektare," katanya.

Menurutnya, lahan yang dibebaskan tersebut untuk keperluan landas pacu sepanjang 4.000 meter dengan luasan 36 hektar. Kemudian pembebasan tanah kas desa Bantar Jati seluas 3,6 hektar, jalan akses Pemakaman Umum 10 hektar, tanah masyarakat 14 hektar. "Progres lahan BIJB sampai saat ini 873,73 hektare termasuk tanah khas desa 80 hektare," ujarnya. 

Untuk pembangunan sisi udara BIJB tahap satu sampai dengan 2015 runway sepanjang 2500x60 meter dari dana APBN selesai, termasuk taxi way dan apron dengan anggaran Rp25 miliar. Iwa juga memastikan dalam perumusan APBD 2016, ajuan dari Majalengka soal pembuatan jalur penghubung sebesar Rp 79 miliar.

"Kita selesaikan secepatnya karena sekarang kita sudah menemukan kesamaan gerak dan langkah. Saya harap semua mendukung. Jangan ada satu pihakpun yang menyandera terhadap pembangunan ini," tegasnya. 

Menurutnya, jika situasi di lapangan sudah dituntaskan dalam waktu cepat, pihaknya yakin pembangunan BIJB Kertajati bisa diselesaikan pada 2017 "Ini bakal terjadi kalau semua pihak mendukung. Tidak ada satupun yang bisa mengganggu jalannya pembangunan," katanya. 

Dia meminta Bupati Majalengka untuk berkomunikasi terus dengan pihaknya. Dimana untuk masalah teknis nanti tinggal dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan.  "Setelah dari petemuan ini akan lebih rinci. Sehingga apapun permasalahan di lapangan bisa diidentifikasi dan langsung didorong," katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Majalengka Sutrisno mengatakan pihaknya mencoba untuk memfasilitasi program pembangunan yang sudah ditetapkan pusat dan provinsi. "Tentunya kami berkepentingan agar bandara segera selesai. Ini mampu mengungkit kehidupan rakyat Majalengka khususnya," katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper