Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementan Percepat Lelang Proyek Infrastruktur Pertanian Rp10 Triliun

Kementerian Pertanian akan mempercepat lelang proyek pembangunan sarana dan prasarana yang pagunya mencapai sekitar Rp10 triliun pada tahun depan.

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Pertanian akan mempercepat lelang proyek pembangunan sarana dan prasarana yang pagunya mencapai sekitar Rp10 triliun pada tahun depan.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan Presiden Joko Widodo menginstruksikan percepatan lelang proyek-proyek infrastruktur dalam APBN 2016 yang disahkan bersama DPR pada 30 Oktober 2015.

Instruksi tersebut disampaikan presiden dalam Sidang Kabinet Paripurna yang digelar di Kantor Presiden, Senin (2/11). Dalam rapat yang dihadiri jajaran menteri Kabinet Kerja dan sejumlah pimpinan lembaga negara, Presiden meminta percepatan lelang proyek infrastruktur pada November dan Desember 2015, sehingga penandatanganan kontrak dan pencairan uang muka proyek dapat dieksekusi pada Januari 2016.

"Ya kami percepat, kami akan segera mulai. Kita percepat sebelum Januari kita upayakan lelang, khususnya belanja modal bisa rampung," ujar Amran di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (2/11).

Dari total anggaran 2016 yang mencapai Rp31,5 triliun, kata Amran, sekitar Rp10 triliun merupakan anggaran pembangunan sarana dan prasarana pertanian, serta pengembangan tanaman pangan Rp10 triliun.

Amran optimistis percepatan lelang dapat diupayakan sebelum Januari 2016, khususnya untuk proyek-proyek PSP, seperti perbaikan irigasi dan embung di berbagai sentra produksi pangan di Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper