Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deindustrialisasi Kian Nyata, Ini Tawaran Solusi dari ISEI

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) merekomendasikan pemerintah untuk segera mengatasi gejala deindustrialisasi yang kian jelas. Peningkatan sektor jasa dan perdagangan tanpa landasan industri primer yang kokoh diyakini berisiko bagi pertumbuhan.
Industri otomotif/Bloomberg
Industri otomotif/Bloomberg

Bisnis.com, SURABAYA - Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) merekomendasikan pemerintah untuk segera mengatasi gejala deindustrialisasi yang kian jelas. Peningkatan sektor jasa dan perdagangan tanpa landasan industri primer yang kokoh diyakini berisiko bagi pertumbuhan.

Ketua ISEI terpilih Muliaman Darmansyah Hadad mengatakan poin itu adalah rumusan utama dalam Seminar Nasional dan Kongres ISEI XIX.

“Hasil seminar ini akan kita lanjutkan dan tajamkan lalu kita sampaikan ke Pak Darmin [Menteri Koordinator Bidang Perekonomian),” katanya dalam sambutan penutupan rangkaian acara tersebut, Jumat (9/10/2015).

Kegagalan menghindari deindustrialisasi juga dipandang akan membuat Indonesia terjebak pada middle income trap dan menahan Indonesia ‘naik kelas’ ke level negara berpendapatan lebih tinggi.

Muliaman, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan menuturkan kecenderungan usaha yang berkembang belakangan ini lebih menitikberatkan pada profit instan dengan menjual barang jadi, terutama barang impor, dan menggerus sektor primer yang berbasis produksi.

Hal itu terefleksikan pada struktur produk domestik bruto (PDB). Kendati secara proporsi industri pengolahan masih lebih besar dibandingkan dengan sektor perdagangan besar dan eceran, perlambatan pertumbuhan industri jauh lebih kencang dibandingkan dengan perdagangan.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, pada awal 2000-an porsi industri pengolahan terhadap PDB mencapai kisaran 30% sedangkan perdagangan tercatata pada level 16%. Kemudian, keduanya bergerak turun.

Namun, sektor perdagangan cenderung stagnan pada rentang 13%-14% sedangkan industri terus melandai hingga menyentuh 21%.

Terakhir, per kuartal II/2015 BPS mencatat industri perdagangan hanya berkontribusi sebesar 20,91% sedangkan sektor perdagangan menyumbang sekitar 13,26%.

ISEI memandang, salah satu masalah terbesar dalam industri dalam negeri adalah ketiadaan industri bahan baku dan bahan penolong di dalam negeri, mengindikasikan lemahnya industri baik dari sisi hulu maupun hilir.

Faktor itu pula yang membuat industri nasional tak bisa memanfaatkan momentum depresiasi rupiah sebagai stimulus ekspor secara maksimal. Pasalnya, melambungnya nilai dolar turut mengerek ongkos produksi industri.

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan satu-satunya cara untuk membangun industri bahan baku dan bahan penolong substitusi impor adalah dengan memberikan insentif fiskal pada investor. Terlebih, mengingat sektor ini membutuhkan penanaman modal yang sangat besar.

“Enggak ada cara lain. Padahal, di sisi lain, kita juga perlu penerimaan pajak yang besar,” ungkap Darmin, yang menjabat sebagai Ketua ISEI pada periode sebelumnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper