Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menanti Paket Kebijakan Ekonomi III: Pegiat Mainan Edukatif Minta Akses Pembiayaan Dipermudah

Pelaku usaha dari bidang alat permainan anak meminta dukungan konkret pemerintah dalam bentuk pembiayaan, pemasaran, teknologi serta ketersediaan bahan baku yang memenuhi standar seperti cat.
Mainan Edukatif/Facebook-APMETI
Mainan Edukatif/Facebook-APMETI

Bisnis.com, JAKARTA – Pelaku usaha dari bidang alat permainan anak meminta dukungan konkret pemerintah dalam bentuk pembiayaan, pemasaran, teknologi serta ketersediaan bahan baku yang memenuhi standar seperti cat.

Danang Sasongko, Ketua Asosiasi Penggiat Mainan Edukatif dan Tradisional Indonesia (APMETI), menyatakan industri mainan anak di Indonesia khususnya mainan edukatif saat ini kesulitan dalam bahan baku sehingga modalnya semakin tergerus.

“UKM terbatas dari segi legalitas formalnya sehingga sulit mengakses pembiayaan. Kalau bisa, dalam paket kebijakan ekonomi jilid III nanti, akses perajin bisa dipermudah dan dinas-dinas terkait di daerah memudahkan perizinan industri,” kata dia kepada Bisnis, Senin (5/10).

Untuk pasar, menurutnya pemerintah juga bisa memperbanyak event promosi untuk memperkuat kerja sama antara instansi agar industri di luar Jawa juga bisa berkembang.

Dari segi teknologi, industri mainan Tanah Air masih mengandalkan tenaga manusia, sehingga produknya sulit bersaing dengan barang impor dari China yang saat ini peredarannya mencapai 70% - 80% di Indonesia.

“Perlu peningkatan mutu SDM dan teknologi pembuatan mainan. Mungkin bisa dibuat semacam incubator, pemerintah menyiapkan mesin-mesin teknologinya di satu tempat yang bisa dimanfaatkan perajin. Sebab jika harus membeli sendiri mesin-mesin tersebut modalnya tinggi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper