Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANDARA LEBAK: Jonan Minta Maja Raya Perbaiki Tata Letak

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengaku telah mengirimi surat kepada PT Maja Raya Indah Semesta agar memperbaiki tata letak lokasi bakal bandar udara baru di Lebak, Banten.
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan./
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan./

Bisnis.com, JAKARTA— Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan telah melayangkan surat kepada PT Maja Raya Indah Semesta agar memperbaiki tata letak lokasi bakal bandar udara baru di Lebak, Banten.

Jonan menegaskan Kemenhub kini tengah menunggu perbaikan seperti apa yang akan dilakukan perusahaan berkaitan dengan masalah tata letak tersebut.

“Nanti kalau ada balasan resmi dari pemrakarsa itu kita tindak lanjuti segera,” ungkapnya setelah acara Seri Diskusi Perhubungan Merajut Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenhub dan Bisnis Indonesia di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (30/9/2015).

Berkaitan dengan tata letak ini, Jonan mengungkapkan ruang udara di wilayah Lebak sangat sempit, dibandingkan dengan yang diajukan perusahaan.

Jelas sekali, lanjutnya, ruang udara yang diminta oleh Maja Raya Indah Semesta bersinggungan dengan ruang udara Bandara Budiharto dan Airbase milik TNI AU di Rumpin.

Selain itu, Jonan beranggapan perusahaan tidak bisa mengambil ruang udara milik Airbase TNI AU di Rumpin.

“Analoginya sederhana. Punya rumah halamannya diambil sebagian mau enggak? Sudah itu saja. Kalau untuk pelebaran jalan tidak masalah, tetapi ini untuk pembangunan bandara swasta,” paparnya.

Jika tidak,  Jonan mengatakan pengunaan optimalisasi bakal bandara baru tersebut tidak akan maksimal.

“Frekuensi penggunaan runway-nya itu pasti tidak maksimal. Mungkin dari satu arah saja. Sangat tidak maksimal. Tapi kalau mau,  terserah,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper