Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemda Kaltim Distribusikan Bantuan Bibit

Dinas Perkebunan Kalimantan Timur menyalurkan bantuan bibit, pupuk, dan herbisida kepada kelompok tani di sentra pengembangan komoditas unggulan.
Karet/ilustrasi
Karet/ilustrasi

Bisnis.com, SAMARINDA—Dinas Perkebunan Kalimantan Timur menyalurkan bantuan bibit, pupuk, dan herbisida kepada kelompok tani di sentra pengembangan komoditas unggulan.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Etnawati mengatakan pihaknya mengalokasikan 200.000 bibit karet, 100.000 bibit lada, dan 104.000 bibit kelapa sawit bagi kelompok tani yang tersebar di sejumlah kecamatan. Adapun penerima bantuan bibit karet terdiri 10 kelompok tani di Kutai Kartanegara, Kutai Timur, dan Penajam Paser Utara.

“Selain itu, terdapat lima kelompok tani dari dua kecamatan (Muara Badak dan Loa Janan) dari Kabupaten Kutai Kartanegara menerima bantuan sebanyak 100 ribu bibit lada,” ujarnya, dalam keterangan resmi Rabu (23/9/2015).

Etnawati menambahkan bantuan bibit kelapa sawit diberikan kepada 21 kelompok tani di sejumlah kecamatan seperti Marang Kayu, Loa Kulu, Muara Kaman dan Muara Badak, Kaliorang, Long Mesangat, Bengalon, Kecamatan Penajam, Sepaku, dan Mook Manaar Bulant.

Sebelum pemberian bantuan bibit lanjutnya, terlebih dulu dilakukan pendataan dan verifikasi lapangan dari tim Disbun. Pendataan dilakukan terhadap calon pekebun dan calon lahan  yang memang harus dilengkapi sebelum menerima bantuan.

“Pendataan  sangat penting. Utamanya, untuk memastikan bibit yang diserahkan bisa langsung ditanam dengan ketersediaan lahan yang disiapkan para pekebun,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper