Pasar Alat Berat, Ini Kunci Trakindo Tingkatkan Pangsa Penjualan

PT Trakindo Utama menyatakan kunci meningkatnya pangsa pasar penjualan di Indonesia pada semester I/2015 dari 25% pada tahun lalu menjadi 30% adalah optimalisasi customer relationship management.
Muhammad Abdi Amna
Muhammad Abdi Amna - Bisnis.com 26 Agustus 2015  |  20:23 WIB
Pasar Alat Berat, Ini Kunci Trakindo Tingkatkan Pangsa Penjualan
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—PT Trakindo Utama menyatakan kunci meningkatnya pangsa pasar penjualan di Indonesia pada semester I/2015 dari 25% pada tahun lalu menjadi 30% adalah optimalisasi customer relationship management

Arif Prawira, Customer Relationship Management Manager Trakindo, mengatakan dengan meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan indeks loyalitas yang dilakukan bersama Caterpillar menunjukan kenaikan menjadi 8,2% serta menyumbang 32% bisnis baru bagi perusahaan.

“Untuk menjaga kepuasan dan loyalitas konsumen, perusahaan berani menerjunkan tim teknis dengan investasi cukup besar mengawal proyek yang dilakukan konsumen. Sehingga bantuan maintenance dapat segera dilakukan,” ujarnya, Rabu (26/8/2015).

Di sisi lain, customer based juga ikut meningkat dari tahun lalu 14.000 pelanggan menjadi 18.000 pelanggan pada tahun ini.

Costumer based terdiri dari pembeli alat berat Caterpillar, penyewa alat berat, perusahaan yang melakukan perawatan mesin, aktivitas operasi yang dikawal oleh Trakindo serta aktivitas lainnya.

Ivan Tulong, Chief Marketing Officer PT Trakindo Utama, mengatakan untuk meningkatkan kepuasan konsumen, perusahaan bersama dengan mitra produksi yakni Caterpillar memproduksi barang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pembeli.

Selain itu, di tengah depresiasi nilai tukar, Caterpillar meningkatkan efisiensi produksi agar harga jual barang di Indonesia tidak naik tinggi.

Selama ini porsi penjualan alat berat baru masih mendominasi pendapatan Trakindo dengan persentasi 85% dibandingkan dengan pelayanan jasa lainnya yang hanya 15%. Adapun penjualan produk didominasi oleh Hydraulic Excavator 20 ton.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
trakindo

Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top