Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Juta Benih Ikan Lokal Ditebar

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana melakukan penebaran 10 juta benih ikan lokal di perairan umum selama lima tahun mendatang.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana melakukan penebaran 10 juta benih ikan lokal di perairan umum selama lima tahun mendatang.

Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto mengatakan di antara ikan yang akan ditebar adalahikan belida, ikan gabus, dan ikan tawes. Selain itu, pihaknya juga akan menebar benih rajungan, kepiting, dan udang windu.

“Setiap tahun sekitar dua jutaan benih, bisa lebih bahkan,” ujarnya sebagaimana dikutip dari harian Bisnis Indonesia, Selasa (25/8/2015).

Penebaran benih, menurut Slamet, akan dilakukan di sejumlah sungai besar serta waduk-waduk yang menjadi selama ini menjadi basis perikanan budidaya. Menurut studi yang dilakukan KKP, sungai dan waduk-waduk tersebut memerlukan re-stocking benih karena populasi ikan di tempat tersebut sudah mulai menipis.

Selain menebar benih ikan lokal, lanjutnya, KKP juga akan menebarkan benih ikan kualitas super yang merupakan hasil penelitian tim Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP). Pada tahun ini, Balitbang merilis sejumlah bibit unggul yakni ikan mas, ikan lele, ikan gabus, dan udang windu.

Penyebaran ikan akan dilakukan sesuai dengan karakteristik wilayah. Ikan gabus, misalnya, hanya akan disebar di habitatnya karena jika ikan tersebut dipelihara di luar habitat berpotensi merusak ekosistem di tempat baru.

Program penebaran benih ikan, menurut Slamet, dilakukan untuk mencegah punahnya varietas ikan lokal. “Juga untuk meningkatkan produksi ikan budidaya, terutama air tawar,” ujarnya.

Di sisi lain, KKP juga berupaya mengembangkan pakan ikan berbahan dasar bahan-bahan lokal guna mengurangi porsi pakan ikan impor yang hingga kini masih mendominasi. Pakan ikan menjadi faktor penting dalam pengembangan perikanan budidaya, karena sekitar 70%-80% biaya operasional industri perikanan budidaya berasal dari biaya untuk pakan.

Di antara bahan yang dinilai potensial untuk dikembangkan sebagai bahan dasar pakan ikan adalah enceng gondok, bungkil kelapa sawit, dan ampas biogas.

Adapun, produksi perikanan budidaya pada triwulan I/2015 tercatat sebanyak 2,9 juta ton dengan nilai sekitar Rp20 triliun. Pada periode sama tahun lalu, produksi mencapi 2,4 juta ton dengan nilai yang hampir sama.

Slamet memprediksi produksi ikan budidaya akan menurun pada kuartal kedua hingga akhir tahun, terutama dipengaruhi oleh menurunnya produksi perikanan budidaya air laut. Pasalnya, musim kemarau panjang akan menaikkan suhu air dan akan mempengarui sistem reproduksi ikan.

“Kadar garam tinggi akan mempengaruhi pemijahan, pemeliharaan, dengan fluktuasi suhu yang naik dan turun terlalu tajam,” katanya.

KKP menargetkan produksi perikanan budidaya pada tahun ini sebanyak 17,9 juta ton, terbagi atas 10,6 juta ton berupa rumput laut dan ikan budidaya lainnya 7,3 juta ton.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper