Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ARUNG BUDAYA NUSANTARA: Potensi Bahari Dioptimalkan

Kegiatan Arung Budaya Nusantara yang akan digelar pada Senin (10/8) di kawasan pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara diharapkan dapat mendorong potensi kekayaan bahari untuk membantu kesejahteraan rakyat.
Ilustrasi/Wisata bahari Anambas
Ilustrasi/Wisata bahari Anambas

Bisnis.com, JAKARTA—Kegiatan Arung Budaya Nusantara yang akan digelar pada Senin (10/8) di kawasan pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara diharapkan dapat mendorong potensi kekayaan bahari untuk membantu kesejahteraan rakyat.

‎Ketua Yayasan Megrania Bina Karya, selaku penggagas acara Arung Budaya Nusantara, Mieke Sahala Hutabarat‎ mengatakan, ‎program kemaritiman yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo dengan Poros Maritim dapat dianggap sebagai cara pandang yang tepat dalam memanfaatkan wilayah perairan lautnya‎.

"Potensi bahari kita sangatlah besar, mulai dari perikanan, kelautan, pesisir hingga destinasi wisata yang dapat dikembangkan. Kami meyakini jika hal tersebut dapat dimanfaatkan dengan sungguh-sungguh bukan tidak mungkin negara kita menjadi makmur dan sejahtera," ujar Mieke di Jakarta, Minggu (9/8).

Kegiatan itu, kata dia, akan menampilkan berbagai kesenian serta kekayaan bahari Indonesia seperti Budaya Ruwat dan Larung Bahar dan diharapkan menjadi tonggak agar bangsa ini kembali mengelola potensi bahari dan kemaritiman setelah sekian lama ditinggalkan.

Menurut dia, untuk sektor wisata bahari dapat dikembangkan ‎berdasarkan pada potensi laut Indonesia. Pihaknya sangat bersyukur bahwa saat ini Pemerintah berkomitmen untuk pengembangan wisata bahari memiliki porsi 35 persen dari jenis wisata yang akan dikembangkan pada 2015 sampai 2019.

Seperti yang diketahui bahwa ‎fokus pengembangan wisata bahari yakni pada destinasi pantai, selam dan selancar (surfing), yacht, cruise, serta kegiatan terkait laut dan masyarakat pesisir. Selain itu jika wisata bahari ini diberdayakan maka akan mampu menyumbangkan devisa hingga 4 miliar dolar AS pada 2019.

"Dengan memaksimal potensi wisata bahari maka saya harapkan ‎kunjungan wisatawan mancanegara meningkat dalam lima tahun terakhir. Tidak hanya itu, masyarakat yang menjadi pendukung wisata bahari ataupun berada di sekitar objek wisata akan menjadi sejahtera," tuturnya.

Guru Besar Oseanografi‎ Universitas Diponogoro Sahala Hutabarat mengatakan selama ini banyak sekali potensi laut yang belum dikelola dan dijadikan produk andalan. Selain itu, penelitian mengenai laut juga belum banyak dilakukan. Padahal, jika hal ini dilakukan maka potensi laut Indonesia bisa tergali dan membawa manfaat bagi masyarakat.

"Kita ini memiliki ALKI yang bisa mendatangkan devisa untuk bangsa ini. Jika setiap kapal asing melintas ALKI diharuskan membayar, tentu pemasuk kita akan besar sekali," ujarnya.

Sahala menjelaskan ALKI adalah Alur Laut Kepulauan Indonesia adalah hak alur untuk pelaksanaan lintas alur laut kepulauan berdasarkan konvensi hukum laut internasional.

Ketua Pembina Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI), Riza Damanik mengatakan agar bisa memaksimalkan potensi bahari yang ada maka pemerintah diminta memperkuat pembangunan masyarakat di pesisir, salah satunya melalui pemberdayaan koperasi masyarakat nelayan sebagai mitra utama.

"Jadikan koperasi nelayan sebagai mitra, sejak inisiasi program hingga pengoperasiannya ini harus dilakukan oleh pemerintah agar potensi bahari yanng kita miliki dapat terangkat," katanya.

DIa juga mengatakan untuk mensejahterkan ‎para nelayan diharapkanpemerintah akan bisa mengurangi ketergantungan ‎terhadap pakan ikan impor. "Saat ini jumlah pakan ikan impor mencapai 70%. Memang, kita belum bisa melepaskan ketergantungan itu, namun setidaknya dapat mengurangi, mungkin menjadi 60%," ujar Riza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Mabrori
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper