Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bulan Ini, Sejumlah PO Bus Terapkan Tiket Online

Sejumlah perusahaan otobus siap menerapkan sistem pembelian tiket bus antarkota antarprovinsi (AKAP) pada bulan ini. Ketua Ikatan Pengusaha Muda Otobus Indonesia (IPOMI) Kurnia Lesani Adnan mengatakan proses pembuatan aplikasi khusus reservasi tiket bus telah mencapai 95%.
Ilustrasi/Antara-Lucky R.
Ilustrasi/Antara-Lucky R.

Bisnis.com, Jakarta-- Sejumlah perusahaan otobus siap menerapkan sistem pembelian tiket bus antarkota antarprovinsi (AKAP) pada bulan ini. Ketua Ikatan Pengusaha Muda Otobus Indonesia (IPOMI) Kurnia Lesani Adnan mengatakan proses pembuatan aplikasi khusus reservasi tiket bus telah mencapai 95%.

Senin (10/8/2015), IPOMI dan Organda rapat dengan Menhub tentang kesiapanticketing online PO. Bulan ini juga kami mulai implementasi di beberapa PO anggota IPOMI, katanya, Kamis (6/8/2015).

Dia mengaku PO tidak bisa langsung mengurangi keberadaan agen pemberangkatan karena kerjasama itu telah dibangun selama puluhan tahun. Dia akan mengubah sistem kerja agen dengan tetap melayani penumpang yang memilih membeli tiket di terminal.

Keberadaan agen belum bisa dihilangkan, kalau kita hilangkan ada problem baru bisa stag dan tambah kacau, ucapnya.

Nantinya, aplikasi pemesanan tiket itu akan mencantumkan ketersediaan nomor kursi, tujuan, jam keberangkatan, dan nama penumpang. Implementasi tiket online, terangnya, akan dimulai dari rute yang tidak banyak memiliki agen pemberangkatan atau perwakilan seperti Bengkulu-Jakarta. Rute lainnya akan menyusul sembari mengembangkan aplikasi yang memadai.

Mudah-mudahan bisa menaikkan load factor, karena akses yang lebih mudah, ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper