Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Ekspor Bulanan & Semesteran di Banten Sama Buruknya

Ekspor migas memang turun pada Juni terhadap Mei tetapi akumulasi semesteran tumbuh signifikan, sayangnya sektor nonmigas tidak demikian.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, TANGERANG - Ekspor migas memang turun pada Juni terhadap Mei tetapi akumulasi semesteran tumbuh signifikan, sayangnya sektor nonmigas tidak demikian.

Penjualan produk nonmigas ke luar negeri merupakan kontributor utama pendapatan ekspor di Provinsi Banten yang porsinya mencapai 99,78%. Namun, kinerja semesteran dan bulanan tidak menggembirakan. 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Banten Syech Suhaimi menyatakan nilai ekspor nonmigas pada Juni terhadap Mei turun -2,5%, sedangkan total perolehan selama semester pertama susut 5,89% secara year on year.

"Total ekspor nonmigas selama Januari sampai Juni [tahun ini] US$4,8 miliar," ucapnya, Selasa (4/8/2015). Periode yang sama pada 2014 penjualan ke luar negeri mencapai US$5,6 miliar.

Adapun realisasi khusus pada bulan keenam US$811,62 juta sedangkan pada Mei angkanya lebih besar senilai US$832.42 juta. Penurunan ekspor ini jelas bukan hal menggembirakan pasalnya depresiasi rupiah terhadap dolar AS seharusnya bisa mendongkrak ekspor secara nilai.

"Perkembangan ekspor nonmigas pada Juni disinyalir terkait faktor lain selain harga dan kurs rupiah terhadap dolar AS," ucap Suhaimi.

Penurunan ekspor nonmigas pada Juni sebetulnya lebih baik dibandingkan minyak dan gas bumi (migas) yang mencapai 41,1%. Tapi realisasi ekspor migas selama semester pertama tetap tumbuh bahkan lebih dari 100% menjadi US$10,65 juta dari US$650.000 (yoy).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper