Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangani El Nino, Utamakan Kepentingan Petani & Nelayan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya mengutamakan kepentingan petani dan nelayan dalam menanggulangi dampak El Nino bagi seluruh wilayah Indonesia.
Petani membersihkan gabah/Antara
Petani membersihkan gabah/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya mengutamakan kepentingan petani dan nelayan dalam menanggulangi dampak El Nino bagi seluruh wilayah Indonesia.

Dalam sambutannya sebelum rapat kabinet terbatas, Presiden Jokowi mengatakan dampak El Nino bagi Indonesia sudah mencapai level yang harus diperhatikan. Apalagi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memperkirakan dampak tersebut akan menguat pada Agustus hingga Desember tahun ini.

“Sore ini akan kami bahas, kami carikan jalan keluar, terutama juga kewaspadaan terhadap beberapa titik panas yang berpotensi menjadi kebakaran hutan,” katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (31/7).

Presiden Jokowi menuturkan pemerintah perlu mewaspadai situasi tersebut, karena peta monitoring menunjukkan kekeringan di Jawa, Sulawesi Selatan, Lampung, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat sudah terjadi sejak Mei 2015.

Menurutnya, perlu langkah cepat untuk mengantisipasi kebakakaran hutan akibat El Nino. Langkah tersebut juga harus mengedepankan kepentingan petani dan nelayan yang terkena dampak langsung dari fenomena El Nino di Indonesia.

“Yang paling penting menurut saya adalah bagaimana menyelamatkan petani, selamatkan nelayan, dan bagaimana kebakaran hutan akibat El Nino bisa dicegah bersama,” ujarnya.

Presiden Jokowi sebelumnya mengatakan langkah paling cepat dalam menangani kekeringan saat ini adalah membagikan pompa kepada petani. Untuk itu, dirinya meminta Menteri Pertanian mendatangi seluruh wilayah yang mengalami kekeringan.

“Saya kira tahapan paling cepat itu ya tapi dalam jangka panjang waduk, embung [waduk kecil]. Ada ribuan embung mau kita bangun satu hektare dua hektare. Kecil-kecil tapi di semua tempat,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper