Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PTPN XI Efisiensikan Pabrik Jaga HET Gula di Jatim

Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara XI (Persero) meminta seluruh unit pabrik gula untuk mengendalikan harga pokoknya dan efisiensi pabrik.
Pabrik Gula/Antara
Pabrik Gula/Antara

Bisnis.com, SURABAYA – Menindaklanjuti imbauan pemerintah untuk menjaga harga eceran tertinggi (HET) gula kristal putih (GKP), Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara XI (Persero) meminta seluruh unit pabrik gula untuk mengendalikan harga pokoknya dan efisiensi pabrik.

 
"Pabrik Gula PTPN XI harus bisa menjaga harga pokok masing-masing karena merupakan kunci utama, apapun yang terjadi bila harga pokok di bawah harga jual ungkap Dirut PTPN XI Dolly P. Pulungan, Minggu (12/7/2015).

 

“Kita akan memperoleh keuntungan dan berefek kepada kemajuan perusahaan serta kemajuan kesejahteraan stakeholder khususnya  karyawan dan petani," lanjutnya.

 

Harga pasar GKP) rata-rata di Jawa Timur dikisaran Rp11.750/kg pada awal Ramadhan. Hingga menginjak pekan kedua Juli, harga cenderung turun hingga rata-rata mencapai Rp11.650/kg.

 

Meskipun demikian harga tersebut masih diatas harga pada 2014 di bulan yang sama yakni di bawah Rp10.000/kg. 


Selain itu harga tersebut juga masih di atas Harga Patokan Petani (HPP) yang ditetapkan pemerintah melalui Peraturan Menteri Perdagangan nomor 35/M-DAG/PER/5/2015 tentang Penetapan Harga Patokan Petani Gula Kristal Putih Tahun 2015 yakni sebesar Rp8.900/kg.



Sementara itu penawaran harga pada lelang  gula milik PTPN XI awal Juli mencapai Rp9.525 sampai dengan Rp9.900 per Kg. Sedangkan harga pada lelang gula milik petani awal Juli ini berkisar dari Rp9.360 hingga Rp9.540/kg.

 


Kondisi tersebut mendekati harapan pemerintah sebagai upaya stabilisasi harga GKP pada bulan Ramadhan dan Hari Raya.

 

Hal ini sebagaimana dituangkan dalam surat instruksi Menteri Perdagangan nomor 490/M-DAG/SD/6/2015 tanggal 23 juni 2015 tentang Harga Jual Gula dalam rangka Puasa dan Idul Fitri 2015 yakni menjaga agar harga gula di tingkat Konsumen akhir selama Puasa dan lebaran 2015 pada harga maksimal Rp11.000 dan untuk operasi pasar gula maksimal Rp10.800/kg.

 

PTPN XI turut berperan dalam upaya stabilisasi harga, di antaranya menggelar operasi pasar gula di beberapa tempat, seperti di Bandung, Gresik, dan wilayah di masing-masing pabrik gula. Total 2.500 ton GKP disalurkan melalui operasi pasar dengan harga Rp10.800/kg.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper