Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

ANGKUTAN LEBARAN 2015: Terminal Bus Alternatif Lebak Bulus Tetap Beroperasi

Terminal bus antar kota antar provinsi di Pasar Jumat, Jakarta Selatan sebagai pengganti Terminal Lebak Bulus, ternyata tidak tercatat sebagai terminal angkutan Lebaran 2015.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 07 Juli 2015  |  20:51 WIB
Pemudik antree saat menunggu bus antarkota antarprovinsi di sebuah terminal bayangan di sekitar Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (7/7). Menurut Ahok, Pemprov DKI tidak bisa menindak sendiri terminal bayangan yang mulai menjamur di sejumlah tempat. Pasalnya, sanksi untuk terminal bayangan masih menjadi wewenang Kementerian Perhubungan (Kemenhub). - Bisnis/Rahmatullah
Pemudik antree saat menunggu bus antarkota antarprovinsi di sebuah terminal bayangan di sekitar Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (7/7). Menurut Ahok, Pemprov DKI tidak bisa menindak sendiri terminal bayangan yang mulai menjamur di sejumlah tempat. Pasalnya, sanksi untuk terminal bayangan masih menjadi wewenang Kementerian Perhubungan (Kemenhub). - Bisnis/Rahmatullah

Bisnis.com, JAKARTA-Terminal bus antar kota antar provinsi di Pasar Jumat, Jakarta Selatan sebagai pengganti sementara Terminal Lebak Bulus, ternyata tidak tercatat sebagai terminal angkutan Lebaran 2015.

Selamet, pengurus satu Perusahaan Otobus (PO) Akab, mengatakan pihaknya bersama rekan sesama perwakilan PO menyerahkan pengurusan perizin loket penjualan tiket dan tempat armada menunggu penumpang kepada paguyuban.

“Ada satu pengurusuan di sini yang disebut paguyuban, dan merekalah yang memproses hingga terminal alternatif Pasar Jumat ini bisa operasi, termasuk untuk angkutan Lebaran,” katanya Selasa (7/7/2015).

Selama ini terdapat 2 terminal alternatif pengganti terminal Lebak Bulus di Jl Ciputat Raya, Pasar Jumat, yaitu di jalan baru seberang underpass Pasar Jumat dan lahan bekas stasiun pengisian bahan bakar minyak (SPBU).

Dia mengaku belum mengetahui jika terminal alternatif Pasar Jumat tidak termasuk dalam daftar terminal bantuan angkutan mudik Lebaran 2015 yang ditetapkan oleh Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta.

Adapun ketetapan Dinas tersebut ada 3 terminal utama dan 19 terminal bus bantuan untuk mendukung angkutan Lebaran yaitu terminal utama Pulog Gadung dan Kampung Rambutan di Jakarta Timur serta terminal Kalideres Jakarta Barat.

Selanjutnya 9 terminal bus bantuan di Tanjung Priok dan Tanah Merdeka di Jakarta Utara, Rawamangun, Pinang Ranti dan Pulogebang di Jakarta Timur, Pasar Minggu Jakarta Selatan), serta Muara Angke dan Grogol di Jakarta Barat.

Sementara itu terminal bantuan berupa pool PO Akap yaitu di PO Garuda Mas, PO Kramat Djati, PO Gunung Mulia, PO Raya, PO Gunung Harta, dan PO Primajasa PU di Jakarta Timur.

Kemudian PO Damri di Jakarta Pusat serta PO Safari Dharma Raya , PO Kramat Djati, dan PO Sinar Jaya Megah Langgeng di Jakarta Selatan.      

Sementara itu Kasiono, calon penumpang mudik Lebaran ke Purwokerto, mengatakan walaupun tidak tercatat di Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI sebaiknya terminal alternatif pengganti Lebak Bulus tetap boleh beroperasi.

“Karena tujuan dinas menetapkan terminal bantuan angkutan Lebaran itu kan untuk membantu masyarakat.  Sedangkan keberadaan 2 terminal alternatif di Pasar Jumat ini sudah banyak membantu masyarakat,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta lebak bulus
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top