Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KRISIS YUNANI: Terancam Gagal Bayar US$1,8 Miliar, Perbankan Athena Tutup Mulai Hari Ini

Kekhawatiran atas kondisi di Yunani akan memicu sedikit ketegangan di Wall Street AS awal pekan ini karena munculnya tindakan yang tidak terduga sebelumnya yakni, Yunani gagal bayar dan keluar dari zona euro.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 29 Juni 2015  |  08:00 WIB
KRISIS YUNANI: Terancam Gagal Bayar US$1,8 Miliar, Perbankan Athena Tutup Mulai Hari Ini
Krisis Yunani. - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Kekhawatiran atas kondisi di Yunani akan memicu sedikit ketegangan di Wall Street AS awal pekan ini karena munculnya tindakan yang tidak terduga sebelumnya yakni, Yunani gagal bayar dan keluar dari zona euro.

Sementara itu Eropa bersiap untuk terkena dampak ikutan dari Yunani pada hari ini. Dampaknya terhadap pasar AS cukup kuat, namun tidak sedramatis di Eropa. Maklum, hingga Jumat masih belum terpikirkan kemungkinan Yunani ke luar dari euro.

Athena diperkirakan akan gagal membayar utangnya sebesar 1,6 miliar euro (US$1,8 miliar) ke Dana Moneter Internasional pada hari Selasa waktu setempat. Karena para kreditor tidak ingin memberikan bantuan kepada Yunani. Sehingga perbankan negara itu akan tutup mulai hari ini, Senin (19/6/2015), dan pengawasan kapital akan diberlakukan.

Nilai dolar AS menguat atas euro di bursa Asia dan obligasi pemerintah AS akan berhadapan dengan sikap investor yanbg mulai mengamankan aset karena khawatir dengan saham-saham Eropa.

Bursa saham AS kemungkinan akan guncang hari ini. Namun mekanisme pengamanan  aset sebagaimana telah diterapkan pada 2010 membuat banyak kalangan memperkirakan saham As hanya akan tergerus tipis.

 "Terkait guncangan besok, mungkin tidak akan berdampak kuat,” ujar Ken Fisher, founder and CEO Fisher Investments sebagaimana dikutip Reuters, Senin (19/6/2015).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Utang Yunani bursa wall street

Sumber : Reuters

Editor : Linda Teti Silitonga
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top