Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kondisi Memprihatinkan, Pemkot Malang Kebut Revitalisasi Pasar Tradisional

Pemkot Malang merevitalisasi pasar tradisional baik lewat APBN dan APBD maupun dikerjasamakan dengan pihak ke tiga, swasta.
Pasar Tradisional. /Antara
Pasar Tradisional. /Antara

Bisnis.com, MALANG - Pemkot Malang merevitalisasi pasar tradisional baik lewat APBN, APBD maupun yang dikerjasamakan dengan pihak swasta.

Kepala Dinas Pasar Kota Malang Wahyu Setyanto mengatakan pada tahun ini pasar tradisional yang akan direvitalisasi hanya satu pasar, yakni Pasar Oro-oro Dowo.

“Revitalisasi Pasar Oro-oro Dowo dibiayai APBN lewat Kementerian Perdagangan dan menelan dana Rp7 miliar,” kata Wahyu Setyanto, Senin (29/6/2015).

Nantinya, pasar tersebut bakal disulap menjadi lebih representatif dan bersih. Pasar juga ditingkatkan dari lantai satu menjadi dua lantai.

Dengan revitalisasi tersebut, diharapkan pasar bisa dioperasikan pagi dan malam karena representatif. Pada malam hari, pasar akan digunakan untuk kegiatan kuliner.

“Jadi revitalisasi pasar Oro-oro Dowo itu merupakan proyek pemerintah pusat, yang mengerjakan otomatis juga pemerintah pusat,” ujarnya.

Pihaknya juga menyiapkan lokasi untuk memindahkan pedagang Pasar Oro-oro Dowo, yakni bersebelahan bersebelahan dengan pasar tersebut.

Selain Pasar Oro-Oro Dowo, tahun ini Pasar Kedungkandang direvitalisasi lewat dana alokasi khusus senilai Rp1,8 miliar,

Jumlah pasar tradisional di Kota Malang saat ini sebanyak 29 pasar. Dari 24 pasar, hanya 1 pasar yang kondisinya bagus, yakni Pasar Madyopuro dan sisanya memprihatinkan.

Empat pasar, yakni Pasar Besar, Pasar Blimbing, Gadang, dan Dinoyo yang revitalisasi telah dikerjsamakan dengan swasta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper