Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI-VIETNAM: Nilai Perdagangan Ditargetkan Tembus US$10 Miliar

Pemerintah Indonesia dan Vietnam sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonominya, agar mampu memenuhi target nilai perdagangan hingga US$10 miliar pada 2018.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi/Antara
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Vietnam sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonominya, agar mampu memenuhi target nilai perdagangan hingga US$10 miliar pada 2018.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Vietnam sebenarnya sudah sangat menonjol. Hal tersebut terlihat dari posisi Indonesia yang menempati urutan 27 besar dalam melakukan investasi di negara tersebut.

“Nilai perdagangan Indonesia-Vietnam pada 2013 saja sudah mencapai US$5 miliar. Padahal jumlah tersebut merupakan target 2015, tetapi sudah dicapai lebih awal,” katanya usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima Menteri Luar Negeri Vietnam, Pham Binh Minh di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (25/6).

Retno menuturkan Pemerintah Indonesia dan Vietnam juga sepakat untuk menetapkan target baru dalam kerja sama perdagangan kedua negara. Pada 2018, nilai perdagangan kedua negara diharapkan mampu menembus US$10 miliar, atau dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan target sebelumnya.

Menurutnya, Pemerintah Vietnam juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi, karena Indonesia selama ini telah membantu negara tersebut melalui investasi yang dilakukan oleh pengusaha nasional.

“Setelah kunjungan kehormatan kepada Presiden, saya akan melakukan pertemuan kedua untuk membahas lebih detil kerja sama yang direncanakan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Retno juga mengatakan Pemerintah Indonesia dan Vietnam sepakat untuk meningkatkan kerja sama politik melalui hubungan people to people. Pasalnya, selama ini hubungan politik kedua negara telah berjalan dengan baik di kawasan regional dan internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper