Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERKEBUNAN SAWIT: Beli Saham Eagle US$632 juta, FGV Jadi Pemain Besar

Penjualan saham PT Eagle High Plantation seharga US$632 juta membukakan akses pasar dan kebun yang luas di Indonesia kepada Felda Global Ventures (FGV) Malaysia.
Peter Sondakh/Forbes
Peter Sondakh/Forbes
Bisnis.com, JAKARTA - Penjualan saham PT Eagle High Plantation seharga US$632 juta membukakan akses pasar dan kebun yang luas di Indonesia kepada Felda Global Ventures (FGV) Malaysia.
 
Managing Direktur Rajawali Corpora Darjoto Setyawan menegaskan penjualan saham PT Eagle High Plantation kepada Felda Global Ventures (FGV) Malaysia merupakan win-win transaction.
 
Namun, bagi FGV, transaksi itu --selain membuka akses terhadap pasar dan kebun yang luas di Indonesia-- bagi Rajawali berhasil menggaet partner strategis yang memiliki pengalaman dan keahlian mumpuni di bidang perkebunan.
 
FGV merupakan satu dari lima besar pemain  di industri kelapa sawit dunia, yang memiliki sejumlah kilang dan unit usaha di banyak negara seperti Kanada, Amerika Serikat, Turki, Spanyol, Prancis – selain di Malaysia, Pakistan,  Myanmar, Thailand dan Indonesia.
 
“Ini sinergi yang saling menguntungkan,” kata Darjoto.
  
Seperti diberitakan, Rajawali Corpora meneken kesepakatan penjualan 37% saham PT Eagle High Plantation Tbk., kepada FGV, pada harga US$632 juta berupa tunai dan stock deal.
 
Ini merupakan transaksi terbesar di perkebunan sawit di Indonesia, sampai saat ini. Penandatangan kesepakatan yang digelar di Jakarta, Jum’at (12/6/2015),  juga disaksikan Menteri Koordinator Perekonomian Sofjan Djalil  dan Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia, Dato’ Sri Mustapa Mohamad.
 
Sementara itu, Presiden dan CEO FGV Grup, Dato’ Mohd Emir Mavani Abdullah menegaskan pembelian saham PT Eagle High Plantations merupakan pembelian saham paling murah  yang pernah dilakukan FGV.  
 
Menurut perhitungan Dato’ Emir Felda Grup membeli Eagle High Plantations dengan harga enterprise value (EV= nilai perusahaan dihitung pada harga pasar saat ini) sebesar US$17.400 per hektar.
 
Harga ini jauh lebih murah ketimbang transaksi yang dilakukan Felda selama ini. Awal bulan ini, misalnya, Felda Grup meneken kesepakatan pembelian saham Golden Land Bhd seluas  sekitar 8.000ha pada harga US$20.400 per hektar.  
 
Tahun lalu, Felda juga membeli Asian Plantation di Malaysia pada harga EV US$20.400 per hektar.  
 
Sejumlah perusahaan Malaysia bahkan harus membeli kebun sawit dengan harga yang lebih mahal. Kurang dari setahun lalu, misalnya, Sime Darby, konglomerasi kelapa sawit terbesar Malaysia, membeli saham New Britain Oil Palm Ltd di Papua Nugini pada harga EV US$25.900 per hektar. Selain itu, IOI Corp Bhd membeli saham Unico-Desa Plantation Bhd., di Malaysia pada harga US$23.500 per hektar.
 
Mahalnya harga kebun kelapa sawit menunjukkan langkanya jumlah lahan yang tersedia – dalam skala yang luas. Di Malaysia, sudah tak tersedia lagi lahan yang cukup luas untuk ekspansi kebun sawit.
 
Di Indonesia sekalipun, lahan yang tersedia juga sudah sangat terbatas. Di Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi, misalnya, makin sulit menemukan perusahaan sawit baru yang bisa membuka kebun lebih dari 10.000 hektar.  Sehingga industry sekala besar memiliki valuasi yang lebih tinggi dibandingkan skala menengah / kecil.  Ikhtiar sejumlah raksasa kelapa sawit dunia, seperti Sime Darby, Wilmar dan GoldenAgri untuk mengembangkan perkebunan di Afrika juga tidak memberi hasil yang menggembirakan lantaran produktivitasnya yang rendah. 
 
Eagle High Plantation merupakan perkebunan sawit dengan luas 419.000 hektar atau enam kali luas negara Singapura. Dari jumlah tersebut, sekitar 150.000 hektar merupakan kebun yang telah ditanami dengan rata-rata umur tanaman 8 tahun, memasuki usia premium perkebunan sawit. Kelapa sawit memiliki umur produktif 25-30 tahun, dengan produktivitas tertinggi pada 8-18 tahun. Rata-rata umur tanaman Eagle High dinilai sesuai dengan kebutuhan FGV yang memiliki kebun dengan rata-rata umur tanaman lebih tua, yakni 15 tahun. Untuk meremajakan kebun tua, FGV harus menyediakan dana investasi yang cukup mahal, selain “waktu tunggu” hingga kebun mencapai usia produktif.
 
Darjoto Setyawan menganggap transaksi ini akan membuka peluang bagi kedua pihak untuk membangun sinergi yang saling menguntungkan, mengembangkan industry hilir kelapa sawit di Indonesia sehingga Indonesia berpotensi menjadi pusat produksi Global Oleochemical dunia termasuk memperkuat perdagangan antara Indonesia dan Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper