Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JK Minta Lembaga Keuangan Global Peduli Infrastruktur Hijau

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengajak lembaga keuangan internasional berkontribusi dalam menyalurkan pembiayaan proyek-proyek infrastruktur hijau.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengajak lembaga keuangan internasional berkontribusi dalam menyalurkan pembiayaan proyek-proyek infrastruktur hijau. 

Hal tersebut disampaikan Kalla dalam pembukaan Indonesia Indonesia Green Infrastructure Summit (IGIS) 2015 di Hotel Fairmont, Jakarta. JK menegaskan Indonesia tidak ingin mengulangi rezim pembabatan hutan dan eksploitasi mineral tambang tanpa nilai tambah. 

"Di sinilah butuh kerja sama lembaga keuangan internasional untuk mendahulukan investasi seperti ini, untuk mendapatkan green energy atau green infrastructure di ekonomi ini," tuturnya, Selasa (9/6/2015). 

Menurut JK, dengan dukungan pembiayaan dari lembaga keuangan internasional seperti Bank Dunia, investasi hijau oleh pelaku usaha Indonesia akan terdorong. Pasalnya, investasi hijau membutuhkan biaya dan teknologi tinggi dibandingkan investasi lainnya. 

"Harapan kita di samping menjaga lingkungan, kerja sama investasi dan keuangan juga terjalin, sehingga dorongan green investment ini lebih memungkinkan dan dapat dijalankan sebaik-baiknya," imbuh JK. 

Wapres juga menjanjikan insentif bagi industri yang mengambangkan investasi hijau dan disinsentif bagi yang masih menerapkan teknologi yang tidak ramah lingkungan alias brown investment.  

Dengan bergulirnya investasi hijau, JK berharap pertumbuhan ekonomi Indonesia berjalan dengan tetap menjaga prinsip keberlanjutan lingkungan. 

"Itu semua untuk menjadikan bangsa ini lebih sustainable, baik dari segi lingkungan, juga dari employment, dan value added daripada kekayaan bangsa ini. Sehingga dapat wariskan bangsa kita untuk masa depan anak dan cucu kita secara baik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper