Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR Perintahkan Eselon I Kementan Jalankan Nawacita

Anggota Komisi IV DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Andi Akmal Pasluddin mengharapkan para pejabat eselon I Kementerian Pertanian yang baru dilantik agar fokus pada tujuan nawacita dalam bidang pangan.
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman/Antara
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Andi Akmal Pasluddin mengharapkan para pejabat eselon I Kementerian Pertanian yang baru dilantik agar fokus pada tujuan nawacita dalam bidang pangan.

Dia mengatakan ada 14 program di Kementerian Pertanian yang harus dilakukan guna mencapai kedaulatan pangan pada 2016.

"Saya mengingatkan upaya pencapaian nawacita yang telah disusun ini sangat baik jika benar-benar di implementasikan di lapangan. Semua harus menjadi satu team yang hebat, saling mendukung dan bekerja sama”, ujarnya dalam keterangan tertulis, Snein (1/6/2015).

Ke-14 program tersebut ialah perluasan lahan sawah baru seluas 200.000 hektare (ha), perluasan pertanian lahan kering 250.000 ha, pengelolaan air irigasi untuk pertanian 500.000 ha, dan pengendalian konversi lahan.

Kemudian optimasi dan pemulihan kesuburan lahan 275.000 ha, 1.000 desa mandiri benih, pembangunan gudang dengan fasilitas pengolahan pascapanen, bank pertanian dan UMKM, peningkatan kemampuan petani.

Selanjutnya pengendalian impor pangan, reforma agraria 9 juta ha, 1.000 desa pertanian organik, terbangunnya 23 techno park dan 10 science park dan pemanfaatan lahan bekas pertambangan.

Selain itu, Andi juga mengucapkan selamat kepada pejabat yang baru dilantik tersebut. Dia menyampaikan dari 6 eselon I tersebut, 5 di antarnya adalah wajah baru jika dilihat dari susunan pejabat zaman Mentan Suswono.

Hanya satu wajah lama yang dipertahankan dari enam pejabat yaitu Banun Harpini dengan posisi yang sama yaitu Kepala Badan Karantina Pertanian.

Adapun eman pejabat eselon I Kementerian Pertanian yang dilantik tersebut ialah Sputnik Sujono Kamino sebagai Dirjen Hortikultura, Pending Dadih Permana sebagai Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM, Justan Riduan Siahaan sebagai Inspektur Jenderal,  Muhammad Syakir sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Muladno sebagai Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, dan Banun Harpini sebagai Kepala Badan Karantina Pertanian.

"Saya ucapkan selamat dan semoga dapat mengemban amanah dan menyukseskan nawacita yang dicanangkan Presiden Joko Widodo," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper