Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Makassar New Port Antisipasi Arus Peti kemas Hingga Tahun 2050

PT Pelabuhan Indonesia IV menargetkan pembangunan Makassar New Port (MNP) yang tengah dibangun perseroan mampu mengakomodir arus peti kemas hingga tahun 2050.

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia IV menargetkan pembangunan Makassar New Port (MNP) yang tengah dibangun perseroan mampu mengakomodir arus peti kemas hingga tahun 2050.

Direktur Keuangan Pelindo IV, Budi Revianto mengatakan sesuai dengan perencanaan jangka panjang MNP juga dipersiapkan sebagai hub utama kawasan timur Indonesia dengan kapasitas terpasang mencapai 4,2 juta TEU's.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Makassar maupun Indonesia timur bakal memicu peningkatan arus peti kemas maupun barang untuk memenuhi kebutuhan di wilayah ini.

"Memang MNP dibangun tidak hanya untuk mengakomodir peti kemas yang melalui Makassar, tetapi juga disiapkan sebagai hub di timur sebagaimana tertuang dalam dalam konsep Tol Laut," katanya kepada Bisnis.com, Kamis (28/5).

Dengan konsep tersebut, lanjut Budi, pembangunan MNP diintegrasikan dengan jalur rel kereta api Lintas Makassar-Parepare serta kawasan industri Makassar (Kima).

Integrasi tersebut diestimasi bakal memangkas ongks logistik hingga 40% sesuai dengan tujuan utama dari konsep Tol Laut.

Adapun, pembangunan MNP yang sebelumnya telah di-grooundbreaking oleh Presiden Jokowi pada 22 Mei lalu, diperkirakan bakal menelan investasi mencapai Rp8,5 triliun.

Pengerjaan fisik MNP dibagi dalam dua tahapan utama dengan kapasitas 3,5 juta TEU's, di mana memperkuat kapasitas eksisting Pelabuhan Makassar sebesar 700.000 TEU's.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper