Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Purwokerto Bangun Rumah untuk Produk Agrowisata

Bank Indonesia, Kantor Perwakilan Purwokerto, memulai pembangunan rumah bagi pengembangan produk berbasis agrowisata durian di Desa Pagelarang, Banyumas, Jawa Tengah, Senin (25/5/2015).
Hasil perkebunan/Ilustrasi
Hasil perkebunan/Ilustrasi

Bisnis.com, PURWOKERTO - Bank Indonesia Kantor Perwakilan  Purwokerto memulai pembangunan rumah bagi pengembangan produk berbasis agrowisata durian di Desa Pagelarang, Banyumas, Jawa Tengah, Senin (25/5/2015).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto Rahmat Hernowo menuturkan pembangunan tersebut ditujukan untuk memaksimalkan potensi beberapa desa di Kecamatan Kemrajen yang sudah turun-temurun menjadi sentra durian.

Dia berharap wilayah tersebut mampu mencontoh pengembangan produk sejenis di sejunmlah daerah, semisal Bogor, yang mampu mendorong agrowisata dengan komoditas durian.

"Ini hanya stimulus, sebab ini menjadi desa unggulan, sebagai sentra durian," ujarnya di sela-sela seremoni peletakan batu pertama, pembangunan rumah pengembangan produk, Program Desa Usaha Mandiri, berbasis Agrowisata Durian.

Rahmat menjelaskan rumah pengembangan ini akan menjadi pusat berkumpul, bermusyawarah dan berdiskusi para warga setempat untuk mendorong upaya peningkatan potensi yang ada. Berbagai inovasi terkait pengembangan agrowisata, jelasnya, diharapkan dapat terealisasi dengan kerjasama masyarakat dan juga dukungan pemerintah.

"Sebab pengembangan itu dimulai dari tempat berkumpul. Bangunan fisik ini diharapkan membina hal-hal nonfisik, mental yang baik untuk berkembang. Concern kami pada manusianya," ujarnya.

Dengan begitu, Rahmat berharap beberapa tantangan dapat dihadapi bersama masyarakat dan juga pemerintah daerah. Dia mencontohkan tantangan lokasi yang susah dijangkau.

"Bagaimana membuat orang mau datang ke sini. Tantangan lain, kualitas durian yang belum stabil di sini. Bagaimana membuat produk berkualitas," ujarnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper