Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosialisasi Minim, Restrukturisasi Mesin IKM Tak Maksimal

Pelaku mengeluhkan minimnya sosialisasi program restrukturisasi mesin industri kecil mengengah oleh Kementerian Perindustrian sehingga tak mampu dimanfaatkan dengan maksimal.
Industri sepatu. /Bisnis.com
Industri sepatu. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Pelaku mengeluhkan minimnya sosialisasi program restrukturisasi mesin industri kecil mengengah  oleh Kementerian Perindustrian sehingga tak mampu dimanfaatkan dengan maksimal.

Ketua Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Taufik Gani mengatakan  sosialisasi program restrukturisasi mesin dari tahun ke tahun tidak optimal. Selain itu, plafon harga mesin yang dijangkau tidak memenuhi kebutuhan industri mebel.

“Namanya restrukturisasi itu berarti mengganti mesin yang tertinggal menjadi berteknologi tinggi. Kalau tanggung, dampaknya tidak terasa maksimal,” tuturnya kepada Bisnis.com, Senin (11/5/2015).

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian, telah menerbitkan Peraturan Menteri Perindustrian No 21/2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Perindustrian No 11/2014 tentang Program Restrukturisasi Mesin Dan/Atau Peralatan Industri Kecil dan Menengah.

Selain Permenperin, diterbitkan pula Peraturan Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah  No 30/2015 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Restrukturisasi Mesin dan/atau Peralatan IKM. Anggaran yang digunakan untuk restruktrusisasi mesin IKM tahun ini senilai Rp57 miliar, yang terdiri untuk industri kecil senilai Rp27 miliar dan industri menengah Rp30 miliar.

Taufik mengatakan harga mesin inti untuk industri furnitur berkisar Rp600 miliar s/d Rp1 miliar. Menurutnya, mesin computer numerical control (CNC), molding, dan double end sudah banyak digunakan oleh IKM, tetapi sudah tertinggal kualitasnya.

“Kalau diperbaharui mesinnya maka tingkat produktivitasnya meningkat hingg 30%. Jelas sangat menguntungkan,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper