Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembangunan Smelter: Gubernur Malut Tak Ingin Dominasi Asing Tutup Kesempatan Kerja Warga Lokal

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba berharap hilirisasi sektor mineral melalui pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) FerroNickel di provinsi yang kaya sumber daya mineral berupa nikel tersebut berdampak positif bagi masyarkat.
Lucky Leonard
Lucky Leonard - Bisnis.com 10 Mei 2015  |  05:22 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, HALMAHERA TENGAH--Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba berharap hilirisasi sektor mineral melalui pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) FerroNickel di provinsi yang kaya sumber daya mineral berupa nikel tersebut berdampak positif bagi masyarkat.

Menurutnya, selama ini industri pertambangan di Maluku Utara masih belum cukup berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarkat sekitar.

Oleh karena itu, dia menaruh harapan tinggi kepada smelter baru yang akan dibangun PT Teka Mining Resources (TMR) di Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara.

"Saya harap melalui pembangunan smelter  tersebut ada banyak lapangan pekerjaan baru yang tersedia. Tapi ingat, tenaga kerja lokal harus diutamakan," ujarnya dalam acara peletakan batu pertama (groundbreaking) FerroNickel smelter TMR, Sabtu (9/5/2015).

Dia menilai, jangan sampai tenaga kerja asing justru mendominasi. Adapun dia meminta agar masyarakat lokal yang belum memiliki keterampilan mendapat pelatihan sehingga layak bekerja untuk TMR.

Selain itu, dia juga berharap agar program corporate social responsibility (CSR) TMR nantinya bisa memberikan manfaat. Dia juga mengusulkan agar TMR bersedia meningkatkan pendidikan masyarakat dengan menyiapkan beasiswa.

"Intinya kami menaruh harapan besar kepada perusahaan supaya bukan hanya mereka yang untung, tetapi masyarakat juga bisa mendapat manfaat," tuturnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smelter nikel maluku utara
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top