Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Harga Jatuh, Pertumbuhan Ekonomi Daerah Penghasil Komoditas Pun Merana

Pertumbuhan ekonomi beberapa pulau di luar Jawa, yang merupakan pusat penghasil komoditas, lebih rendah dari pertumbuhan nasional yang 4,71%.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 06 Mei 2015  |  16:19 WIB
Pertumbuhan ekonomi Indonesia 2011-2015. - Bisnis
Pertumbuhan ekonomi Indonesia 2011-2015. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -- Pertumbuhan ekonomi beberapa pulau di luar Jawa, yang merupakan pusat penghasil komoditas, lebih rendah dari pertumbuhan nasional yang 4,71%.

Badan Pusat Statistik mencatat pertumbuhan ekonomi Sumatera pada kuartal I/2015 hanya 3,53% (year on year). Sementara itu, Kalimantan hanya tumbuh 1,06% dan Maluku serta Papua 3,74%. 

Keempat pulau merupakan sentra produksi komoditas perkebunan dan pertambangan, seperti kelapa sawit, kopi, batubara, tembaga, dan bauksit.

Di sisi lain, laju produk domestik bruto (PDB) Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, serta Sulawesi melesat, masing-masing 5,17%, 8,86%, dan 7,32%.

Ekonom PT Bank Tabungan Negara Tbk Agustinus Prasetyantoko mengatakan terdapat korelasi antara perlambatan ekonomi di luar Jawa dengan jatuhnya harga komoditas. 

Kinerja keuangan perusahaan berbasis komoditas yang melorot tak jarang melakukan pemutusan hubungan kerja. Akibat penurunan daya beli, masyarakat sekitar mengurangi permintaan terhadap barang yang pada gilirannya menghambat pertumbuhan konsumsi rumah tangga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi harga komoditas luar jawa
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top