Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ceria dengan Kreasi Rotan

Kreasi dari komoditas hasil alam, rotan memang tidak ada matinya. Sempat booming sepanjang 2012 dan 2013 dan membanjiri pasar Eropa, kini kreasi rotan berkembang melebihi fungsinya.
Produk kerajinan rotan/JIBI-Istimewa
Produk kerajinan rotan/JIBI-Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kreasi dari komoditas hasil alam, rotan memang tidak ada matinya. Sempat booming sepanjang 2012 dan 2013 dan membanjiri pasar Eropa, kini kreasi rotan berkembang melebihi fungsinya.

Rotan dapat berfungsi sebagai bahan baku beragam produk  seperti wadah penyimpanan. Asal jeli memilih rancangan, maka wadah penyimpanan dapat berfungsi ganda. Selain berfungsi sebagai wadah penyimpanan, melalui ide-ide kreatif, hasil kerajinan rotan dapat dijadikan pajangan untuk mempercantik interior kamar tidur anak.

Agar rotan digemari anak-anak, maka dibentuk dengan karakter kartun seperti The Owl, Beruang, Minion, atau Hello Kitty.

Warna-warna cerah seperti merah jambu, merah, dan kuning patut dijadikan pilihan. “Warna yang digunakan adalah warna yang ceria. Mengingat anak-anak suka warna yang menarik, sesuai dengan pribadi mereka yang selalu ceria dan gembira,” ujar pemilik doots’ Novi Simon.

Dia mencontohkan karakter The Owl yang dibuat dengan perpaduan warna putih di bagian tubuhnya, merah jambu untuk tangan dan penutup, dan kuning di bagian hidung.

Perpaduan warna ceria sebagai hiasan kamar tidur anak membuat hasil kerajinan ini tidak membosankan dan cocok sebagai penghias kamar anak.

Rotan yang sudah berubah fungsi sebagai wadah penyimpanan dibuat dengan ukuran yang beragam. Wadah penyimpanan yang kecil dapat berfungsi untuk menempatkan aksesoris si anak seperti jepitan rambut atau peralatan tulis. Sementara itu, untuk ukuran yang lebih besar dapat digunakan sebagai wadah penyimpanan mainan, bantal, hingga selimut anak.

Novi menuturkan wadah penyimpanan rotan ini tepat saat dipadupadankan dengan mebel kayu dan tempat rias anak. “Memang lebih tepat ditempatkan sebagai dekorasi untuk kamar tidur,” tuturnya.

Dalam hal pe rawatan, kreasi rotan lebih mudah dibersihkan dan berumur panjang.

Perawatannya cukup menggunakan kain untuk membersihkan debu. Namun demikian, furnitur berbahan baku rotan dan kayu sebaiknya tidak terkena air. Jika menggunakan kain untuk membersihkan, sebaiknya kain tidak dalam kondisi lembab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : ajijah
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper