Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jembatan Soekarno Dijadwalkan Rampung Mei 2015

Pelaksana harian balai pelaksanaan jalan nasional XI, Kementerian PUPera Sadarih Ginting mengatakan jembatan Soekarno di Medan bakal rampung Mei 2015
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Pelaksana Harian Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XI, Kementerian Pekerjaan PUPera, Sadarih Ginting mengatakan jembatan Soekarno di Kota Manado bakal rampung pada bulan Mei mendatang.

"Tahun ini adalah tahun terakhir pekerjaan pembangunan Jembatan Soekarno yang berdasarkan kontrak akan berakhir pada Agustus mendatang, namun kami menginginkan selesai pada Mei mendatang," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (29/4/2015).

Hal itu disampaikan Sadarih Ginting ketika mendapingi rombongan Komisi V DPR RI dipimpin oleh Lasarus, Wakil Ketua Komisi V DPR RI dari Fraksi PDIP tengah melakukan kunjungan kerja masa reses ke sejumlah proyek pembangunan jalan dan jembatan di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Dia menjelaskan tinggal sedikit lagi pekerjaan akhir untuk merampungkan jembatan seperti pengaspalan dan pemasangan lampu penerangan jalan. Menurut, rencana pembangunan jembatan ini juga akan ditinjau dan sekaligus diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo pada Mei ini.

Adapun, Jembatan Soekarno telah mulai dibangun sejak tahun 2003 dan sekian lama mangkrak. Jembatan sepanjang 1.127 m dengan lebar 17 m itu menelan biaya Rp300,28 miliar yang berasal dari APBN. Pekerjaan ini dilaksanakan dengan kontrak tahunan dan kontrak tahum jamak.

Jembatan Soekarno dibangun melintas di atas Sungai Tondano dan Pelabuhan Manado yang merupakan bagian dari Manado Outer Ring Road yang akan menghubungkan Boulevard I, Boulevard II, dan By Pass Manado. Dengan dibangunnya diharapkan beban lalu lintas Kota Manado dapat berkurang, menjadi bagian pusat kota, dan menunjang pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper