Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda Indonesia Gandeng 4 Bank Besar Kelola Keuangan

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. bekerja sama cash management dengan empat bank besar.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com
Bisnis.com, JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. bekerja sama cash management dengan empat bank besar.
 
Kerjasama itu dilakukan dengan penandatanganan perjanjian oleh Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo, bersama sama Deputi Presiden Direktur BRI Sunarso , Presiden Direktur BII, Taswin Zakaria, Chief Executive Officer Standard Chartered Bank, Shee Tse Koon, dan Head of Corporate & Investment Banking Citi Indonesia, Gioshia Ralie di Gedung Garuda Indonesia, jalan Kebon Sirih, No. 44, Jakarta pada Selasa (28/4/2015).
 
Melalui kerjasama ini, Garuda Indonesia menunjuk keempat institusi perbankan tersebut untuk melakukan pengelolaan kas perseroan secara real time, online dan terintegrasi, yang meliputi penyediaan sistem fasilitas ca sh management berupa fasilitas Automatic Payment & Automatic Posting (host to host system), Electronic Payment Tax (e-tax), dan fasilitas perbankan lainnya.
 
Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo mengatakan bahwa penunjukan keempat institusi perbankan tersebut didasarkan pada komitmen, dukungan, serta kontribusi yang telah terjalin dengan baik antar-korporasi, baik melalui berbagai pengembangan kerjasama perbankan seperti fasilitas pinjaman bilateral, sindikasi hingga kerjasama hedging cross currency swap.
 
Kerja sama tersebut akan dilaksanakan dalam jangka waktu hingga tiga tahun, dan implementasi kerjasama tersebut meliputi pengelolaan cash management Garuda Indonesia di kantor pusat maupun kantor cabang.
 
"Penandatanganan kerjasama cash management dengan keempat institusi perbankan tersebut merupakan bagian dari komitmen Perseroan untuk secara berkelanjutan melaksanakan strategi Quick Win untuk kembali rebound di tengah tantangan yang dihadapi industri penerbangan saat ini," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Selasa (28/4/2015).
 
Garuda Indonesia melaksanakan strategi jangka pendek yakni Quick Wins untuk rebound pada 2015 di tengah kondisi industri penerbangan-bukan saja domestik namun juga global yang dewasa ini sedang mengalami turbulensi.
 
Dia menuturkan dalam upaya mengatasi berbagai kondisi tersebut serta sebagai bagian dari program pengembangan perusahaan ke depan, program Quick Wins dilakukan melalui tiga strategi utama, yakni dengan meningkatan revenue generator di mana seluruh potensi yang dapat meningkatkan revenue perusahaan akan dimaksimalkan.
 
Selain itu, melakukan restrukturisasi cost driver, di mana Garuda akan melakukan penataan dan restrukturisasi biaya sehingga dapat dicapai efisiensi yang tinggi tanpa mengurangi kualitas pelayanan yang diberikan.
 
"Yang terakhir kami lakukan kegiatan reprofiling, melalui berbagai langkah dan strategi menyangkut aspek keuangan sehingga kondisi finansial perusahaan terjaga," kata Arif.
 
Direktur Keuangan, Risiko, dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia I.G.N. Askhara Danadiputra menuturkan adanya kerjasama ini dapat mendukung upaya perseroan dalam penataan pengelolaan kas yang lebih terkontrol secara real time, online dan terintegrasi, melalui sistem fasilitas cash management yang dimiliki keempat institusi perbankan tersebut.
 
"Dengan keunggulan platform dan sistem fasilitas cash management yang dimiliki masing-masing institusi perbankan tersebut, kami harapkan akan semakin mempermudah proses transaksi bisnis secara efektif dan efisien," ucapnya.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper