Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Siapkan MoU Bersama IATPI

Pemerintah tengah mempersiapkan rancangan nota kesepahaman bersama Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia (IATPI) untuk mendukung sertifikasi spesialisasi keahlian di bidang teknik lingkungan.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah tengah mempersiapkan rancangan nota kesepahaman bersama Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia (IATPI) untuk mendukung sertifikasi spesialisasi keahlian di bidang teknik lingkungan.

Kepala Balai Peningkatan Keahlian Konstruksi Doedoeng Z. Arifin mengatakan Indonesia saat ini berada dalam situasi krisis tenaga ahli tersertifikasi. Sementara itu, banyak lulusan teknik lingkungan yang tidak berminat untuk mengembangkan karir di bidangnya.

Menurutnya, pemerintah akan memberikan fasilitasi berupa dukungan dana APBN untuk sertifikasi 80 angkatan untuk berbagai spesialisasi keahlian. Hal tersebut dilakukan untuk menjamin tersedianya SDM yang handal di bidang sanitasi dan pengelolaan sumber daya air.

Menurutnya, untuk tahun 2015 Indonesia mengalami kekuarangan 150 ribu SDM di bidang teknik pada umumnya. Sementara itu, sekitar 60% tenaga swasta asing saat ini bekerja di bidang sanitasi dan pengelolaan sumber daya air.

“Ini tantangan bagi IATPI sendiri, apakah akan memanfaatkan kesempatan ini atau tidak,” katanya.

Proses pelatihan dan sertifikasi akan dilakukan terhadap mahasiswa teknik lingkungan sesuai koordinasi IATPI. Menurutnya, pemerintah akan mempertimbangkan untuk menjadikan program tersebut sebagai program tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper