Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dolar Mahal, Perjalanan Wisata ke Luar Tetap Tinggi

Fluktutatifnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat membuat pelaku usaha di bidang pariwisata memaksimalkan promosi paket perjalanan murah ke destinasi domestik dan luar negeri diberikan guna menarik minat konsumen.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 23 Maret 2015  |  20:13 WIB
Ilustrasi wisata - news.com.au
Ilustrasi wisata - news.com.au

Bisnis.com, JAKARTA--Fluktutatifnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat membuat pelaku usaha di bidang pariwisata memaksimalkan promosi paket perjalanan murah ke destinasi domestik dan luar negeri diberikan guna menarik minat konsumen. 

Managing Director of Leisure Travel Management Panorama Tours Meity Lukito mengatakan pihaknya tak khawatir dengan situasi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap sektor pariwisata.

"Fluktuasi kurs ini sudah sering terjadi, dan kami justru melihat hal ini sebagai tantangan tersendiri untuk terus berinovasi dalam hal pengembangan paket, alternatif produk dan yang terpenting memahami apa yang diinginkan oleh pelanggan," kata Meity dalam keterangan pers, Senin (24/3/2015)

Menurutnya, bukti bawah bisnis travel tidak terlalu terpengaruh pada penguatan dolar adalah naiknya persentase jumlah pelanggan yang berpergian keluar negeri hingga Maret 2015 sebesar 15% dibanding tahun lalu.

"untuk destinasi favorit masih dipegang oleh Eropa, Jepang dan Korea; sedangkan untuk ASEAN masih dipegang Singapura, Malaysia dan Thailand. Bulan April ini pihaknya memprediksi akan ada peningkatan jumlah pelanggan yang berpergian keluar negeri."

Dia memaparkan perusahaan menawarkan paket alternatif, misalnya mengubah tanggal kepergian dari high season, diubah menjadi low season. Hal itu berlaku juga ke destinasi ke negara atau kota lain yang pada akhirnya dapat disesuaikan dengan budget masing-masing pelanggan.

"Panorama Tours juga mengeluarkan produk hemat seperti China 5 hari hanya dengan US$369. Ada juga produk yang memang memfokuskan pada produk-produk dengan harga sangat terjangkau dengan promo-promo 'SUPER DEAL'."

Selain itu, perusahaan biro perjalanan tersebut menerima respons positif dari undangan yang dikirimkan kepada pelanggan untuk hadir dalam beberapa event travel fair yang akan diikutinya dan juga dari pihak penyelenggara event yang tetap tepat waktu menyelenggarakan acara tahunan mereka.

Panorama Tours sendiri juga tetap akan melakukan event travel fair - World of Panorama - yang rencananya dilakukan dua kali pada tahun 2015 di Jakarta seperti tahun-tahun sebelumnya. Lalu akan ada beberapa event travel fair yang akan diikuti serta Road Show ke beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Medan, Palembang dan lampung hingga akhir April.

"Tourism is never die, semua orang suka berpergian dan melihat dunia luar. Ini adalah hal yang tidak terbayar dengan apapun. Jadi setiap orang willing untuk selalu mengambil setiap kesempatan yang ada untuk selalu berpergian," ungkap Meity.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gonjang Ganjing Rupiah pariwisata destinasi
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top