Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GARUDA INDONESIA (GIAA) Siap Tambah 5 Rute dari Bandara Sam Ratulangi

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. berencana membuka lima rute baru dari Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, pada tahun ini sebagai salah satu upaya perluasan pasar maskapai pelat merah itu.
Garuda Indonesia/Antara
Garuda Indonesia/Antara

Bisnis.com, MANADO—PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. berencana membuka lima rute baru dari Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, pada tahun ini sebagai salah satu upaya perluasan pasar maskapai pelat merah itu.

General Manager Garuda Indonesia Sulawesi Utara Dedy Irawan menuturkan kelima rute baru tersebut adalah Manado-Denpasar, Manado-Gorontalo, Manado-Luwuk (Sulawesi Tengah), Manado-Melonguane (Kepulauan Talaud), dan Manado-Tobelo (Maluku Utara).

“Terlebih dahulu, kami akan terbangi Manado-Denpasar PP dulu. Mudah-mudahan akhir bulan ini bisa terealisasi,” ujarnya saat ditemui Bisnis.com di kantornya, Rabu (11/3/2015).

Menurutnya, penerbangan langsung ke Pulau Dewata itu masih menunggu izin (permit) dari Kementerian Perhubungan. Perusahaan milik negara itu optimistis bisa memperoleh izin terbang pada pertengahan bulan ini.

Dengan demikian, pihaknya masih memiliki kesempatan untuk menjual tiket dalam jangka waktu 2 minggu. “Kalau belum dapat permit, kami belum boleh menjual tiket,” tegasnya.

Dia menuturkan selama ini penerbangan langsung dari Manado ke Denpasar belum ada. Garuda optimistis akan menciptakan pasar baru sehingga penerbangan langsung ini dapat berjalan dengan optimal.

Pada rute tersebut, Garuda berencana menggunakan pesawat Boeing 737-800 Next Generation dengan kapasitas penumpang sebanyak 162 orang, untuk kelas bisnis sebanyak 12 kursi dan ekonomi 150 kursi.

“Penerbangan langsung Manado-Denpasar ini rencananya akan dilayani setiap hari,” ujarnya.

Dedy menambahkan pada tahun ini Garuda juga akan melakukan ekspansi ke Indonesia bagian timur, karena prospek di daerah itu cukup menjanjikan. “Selain itu, kami juga mendukung program pemerintah,” katanya.

Oleh karena itu, perseroan berencana menambah rute baru, yakni Manado-Gorontalo, Manado-Luwuk, Manado-Melonguane, dan Manado-Tobelo. Menurut rencana, keempat rute jarak pendek tersebut menggunakan pesawat ATR 72-600.

Dengan pembukaan sejumlah rute baru tersebut, Garuda optimistis mampu menghubungkan sejumlah daerah kepulauan yang memerlukan sarana transportasi yang memadai.

Sebagai informasi, Garuda memiliki tujuh frekuensi setiap hari dari Bandara Sam Ratulangi Manado, yakni Manado-Jakarta PP tiga kali, Manado-Surabaya PP satu kali, Manado-Makassar PP satu kali, Manado-Ternate, dan Manado-Sorong-Timika-Jayapura. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper