Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gong Xi Fa Chai, Ini Dia Promo Diskon di Ritel Modern Ramaikan Imlek

Perayaan Tahun Baru Imlek dimanfaatkan beberapa peritel untuk mendulang pendapatan. Selain menawarkan aneka kebutuhan untuk warga keturunan Tionghoa, peritel tak lupa menggelar diskon besar-besaran serta promo menarik guna meningkatkan kunjungan toko.nn
Semarak Imlek. /antara
Semarak Imlek. /antara

Bisnis.com, JAKARTA - Perayaan Tahun Baru Imlek dimanfaatkan beberapa peritel untuk mendulang pendapatan. Selain menawarkan aneka kebutuhan untuk warga keturunan Tionghoa, peritel tak lupa menggelar diskon besar-besaran serta promo menarik guna meningkatkan kunjungan toko.

Langkah ini dilaksanakan secara rutin oleh Hypermart. Ritel modern yang dimiliki oleh PT Matahari Putra Prima Tbk. tersebut menawarkan berbagai kebutuhan Imlek, khususnya makanan, lengkap dengan promo toko  (in store promo).

Head of Public Relation PT Matahari Putra Prima Tbk. Fernando Repi mengatakan penawaran in store promo saat Imlek kurang lebih sama dengan promo yang diberikan saat perayaan Lebaran, Natal, dan Tahun Baru. Meski demikian, dia tak menampik peningkatan penjualan ketika Imlek memang tak sebesar hari raya lainnya.

"Peningkatan penjualan saat Imlek tidak terlalu signifikan. Kami mencatat kenaikan sales jelang Tahun Baru China berkisar 5% ketimbang hari biasa," ujarnya Kamis, (19/2/2015).

Menurutnya, hal tersebut terjadi lantaran jumlah konsumen yang merayakan Imlek tidak sebesar saat Lebaran atau Natal. Selain itu, periode diskon jelang Tahun Baru China berlangsung cukup singkat, yakni hanya berlangsung selama sepekan, 12-19 Febuari 2015.

Dia menuturkan produk yang dicari oleh konsumen pun cukup spesifik. Warga yang merayakan Imlek pasti mencari beberapa makanan khas Tahun Baru China, yaitu kue keranjang, jeruk, dan beberapa kebutuhan bahan pokok untuk melengkapi jamuan makan dengan keluarga.

"Meski kontribusinya tidak besar, kami tetap melaksanakan promo diskon jelang Imlek untuk memeriahkan suasana. Imlek juga termasuk periode hari raya tematik yang ditunggu-tunggu oleh konsumen," katanya.

Selain Hypermart, peritel yang turut memeriahkan gelaran Imlek adalah PT Erajaya Swasembada Tbk. Perusahaan yang fokus menjual aneka ponsel dan gadget ini menawarkan potongan harga, By 1 Get 1, program cashback, serta hadiah berupa Angpao Hoki bagi Konsumen.

"Kami pilih angpao karena lekat dengan budaya masyarakat Tionghoa. Jika konsumen membeli ponsel atau gadget, mereka bisa mendapat angpao yang berisi beragam hadiah a.l. aksesoris, uang tunai, hingga perhiasan emas," katanya.   

Dia memaparkan program utama tahun ini bertajuk Erafone Imlek Fair 2015 dan diselenggarakan di Mall Kelapa Gading 2, Jakarta Utara dan Puri Indal Mall, Jakarta Barat mulai 17-22 Febuari 2015.

Berbeda dengan Lebaran, peningkatan penjualan kala Imlek tidak terjadi di semua store Erafone. Kenaikan sales, menurutnya, difokuskan beberapa daerah a.l. Jakarta utara, Jakarta Barat, Medan, Surabaya, dan Kalimantan Selatan. Alasan perusahaan memilih dua mall tersebut karena banyak komunitas warga Tionghoa berkunjung ke sana.

Meski tak menyebutkan angka kenaikan sales di daerah tersebut, Djatmiko optimistis terjadi peningkatan penjualan meski tidak sebesar kala hari raya lainnya. 

"Kami belum bisa menghitung kontribusi pendapatan pada periode Imlek kepada penjualan bulanan. Namun, ada peningkatan sales dibanding hari biasa. Kami tetap menyediakan promosi karena Imlek sudah menjadi salah satu hari libur nasional."

Sementara itu, semarak menyambut Tahun Baru Imlek juga dilakukan oleh Ikea Indonesia. Berbeda dengan peritel lain, raksasa penjual produk furnitur asal Swedia ini menyediakan konsultas keberuntungan bagi pengunjung Ikea Alam Sutera.

Marketing Manager Ikea Indonesia Eliza Fazia menuturkan Tahun Baru Imlek dirayakan berdasarkan pergantian kalender Tionghoa. Karena itu, Ikea Indonesia ingin memberikan kegiatan menari lewat konsultasi keberuntungan bagi pelanggan secara cuma-cuma.

"Pengunjung dapat berkonsultasi dengan tim Ikea Indonesia mengenai shio kelahiran mereka di Tahun Kambing Kayu," paparnya.

Untuk dapat berkonsultasi secara gratis, lanjutnya, pelanggan cukup berbelanja senilai minimal Rp2 juta. Nantinya, konsumen akan mendapat jatah berkonsultasi dengan tim Ikea Indonesia selama 10 menit. Konsultasi ini berlangsung pada periode 18-22 Febuari 2015 mulai pukul 13.00-17.00.

"Selain konsultasi gratis, kami juga akan memberikan tattoo non permanen berbentuk kuda Dala berwarna merah bagi anak-anak. Kami ingin berbagi kegembiaraan  Tahun Baru Imlek untuk semua pelanggan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper