Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Miliarder Ini Menumpuk Kekayaan Setelah Usia 50, Sedekah Rp30 Triliun Tahun Lalu

Anda ingin menumpuk kekayaan setelah usia 50 tahun? Jika iya, contohlah Warren Buffet. Miliarder dengan kekayaan hingga US$76 miliar pada tahun 2014 itu menumpuk 99% kekayaannya setelah ulang tahun usianya yang ke-50.
Orang Terkaya Dunia Warren Buffet/Reuters
Orang Terkaya Dunia Warren Buffet/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Anda ingin menumpuk kekayaan setelah usia 50 tahun?

Jika jawabannya iya, contohlah Warren Buffet. Miliarder dengan kekayaan hingga US$76 miliar pada tahun 2014 itu menumpuk 99% kekayaannya setelah ulang tahun usianya yang ke-50.

Harta Warren Buffet, yang saat ini berusia 84 tahun, kalau ditukar dengan rupiah mencapai Rp912 triliun lebih saat ini. Warren menempati peringkat ke-3 orang terkaya di dunia merujuk laporan Hurun Rich List Report 2015 yang dirilis di Beijing, China, baru-baru ini.

Pemilik firma Berkshire Hathaway itu kekayaannya bertambah US$12 miliar atau sekitar Rp144 triliun pada tahun lalu, selaras dengan peningkatan harga saham. Artinya, kekayaan Buffet naik sekitar 19% sepanjang tahun.

Warren juga rajin melakukan kegiatan amal. Tahun lalu, Warren Buffet menyumbang sedikitnya US$2,8 miliar untuk Yayasan yang dimiliki Bill dan Melinda Gates. Sumbangan itu tentu bukan jumlah kecil. Hitung saja kalau ditukar dengan rupiah, jumlahnya lebih dari Rp30 triliun hanya untuk amal!

Mungkin ini yang membuat kekayaan Warren Buffet terus bertambah, seperti prinsip sedekah yang diajarkan salah satu ustaz di Tanah Air, Yusuf Mansyur.

Kebiasaan beramal Warren Buffet juga ditularkan kepada anak-anaknya, Susan, Howard dan Peter, yang menjalankan yayasan amal mereka sendiri.

"Saya akan mengatakan hal yang paling memuaskan adalah menonton anak-anak saya menangkap kepentingan mereka sendiri," kata Buffett.

Keluarga ini juga dididik kerja keras. “[Anak-anak saya] bekerja lebih banyak jam per minggu, dibandingkan dengan kebanyakan orang yang memiliki pekerjaan, dan mencoba untuk cerdas memberikan uang di bidang yang mereka sangat peduli,” ujar Buffet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : News Editor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper