Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertumbuhan Ekonomi 5,02%, Ini Komentar Sofyan Djalil

Menko Perekonomian Sofyan Djalil menyatakan pertumbuhan ekonomi yang hanya tercapai 5,02% pada 2014 sebuah kenyataan yang harus dihadapi pemerintah karena turunnya harga komoditas.
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 05 Februari 2015  |  21:40 WIB
Menko Perekonomian Sofyan Djalil
Menko Perekonomian Sofyan Djalil

Bisnis.com, KUALA LUMPUR - Menko Perekonomian Sofyan Djalil menyatakan pertumbuhan ekonomi yang hanya tercapai 5,02% pada 2014 sebuah kenyataan yang harus dihadapi pemerintah karena turunnya harga komoditas.  

"Pemerintah ini baru masuk mulai November, Desember dengan kondisi eksternal harga komoditas turun, sawit turun, lain-lain turun, aktivitas ekonomi awal tahun sampai Oktober harga minyak tinggi sekali itu pengaruhi pertum ekonomi kita," katanya di Istana Negara Kuala Lumpur Malaysia, Kamis (5/2/2015).

Kondisi seperti itu, lanjut Sofyan telah disikapi oleh pemerintah dengan melakukan perbaikan sektor riil menghapus subsidi harga premium dan perbaikan birokrasi untuk membuat sektor riil bekerja lebih cepat melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu bidang perizinan agar investasi lebih mudah.

Selain itu program infrastruktur pemerintah diharapkan mempercepat pertumbuhan ekonomi lebih tinggi. Dengan segala program itu, Sofyan yakin pertumbuhan ekonomi 2015 lebih baik.

"Kita harapkan 2015 lebih baik, tampaknya 5,8% bisa mencapai target tersebut," jelasnya.

Ditanya tentang kondisi politik sengkarut lembaga hukum diperkirakan tak pengaruhi laju pertumbuhan ekonomi. Pengalaman sejumlah kendala politik sejak awal pemerintahan mampu diatasi dengan baik.

"Pemilihan langsung tidak langsung terselesaikan. Kelihatannya so far politik oke, jadi yang awal-awal pemerintahan Jokowi akan [dihadang] KMP ternyata enggak. Pemimpin kita cukup arif, kearifan sebagai pemimpin bangsa terlihat bahwa masalah-masalah besar bisa terselesaikan dengan cara Indonesia," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menko perekonomian pertumbuhan ekonomi indonesia
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top